Tak Berkategori  

Pentingnya Kesehatan Bagi Lansia, Puskesmas Wania Lakukan Posyandu

banner

Timika, antarpapuanews.com – Puskesmas Wania Kelurahan Kamoro Jaya, Kabupaten Mimika, melakukan Posyandu lanjut usia (lansia). Tujuan dari kegiatan Posyandu lansia ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan Posyandu lansia yang mandiri dalam masyarakat.

“Selain melakukan Posyandu lansia, kami juga melakukan penyuluhan preventif, promotif kepada lansia, supaya mereka tahu pola hidup yang sehat itu seperti apa, pola makan dan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang kehidupan mereka sehari-hari,” jelas dr. Juliana Galingging, selaku Pj. Lansia Puskesmas Wania saat ditemui wartawan di Gereja Jemaat Lahai Roi Kamoro Jaya SP1, Jumat (27/11).

Puskesmas Wania rutin mengadakan Posyandu lansia dan Prolanis BPJS dan dilakukan setiap minggu keempat dalam bulan selama beberapa bulan terakhir ini.

“Jumlah peserta lansia juga lumayan banyak, dan mereka selalu aktif dalam kegiatan Posyandu, banyak peserta yang sudah lama dan ada yang baru,” tuturnya.

Jumlah peserta lansia di Puskesmas Wania yang terdaftar dan aktif sekitar 50-an lebih, jumlah lansia di Puskesmas Wania banyak tetapi ada juga yang tidak aktif dalam kegiatan Posyandu lansia ini.

“Kegiatan Posyandu ini sempat vakum selama beberapa bulan, karena pendemi virus corona atau covid-19, namun setelah berlaku new normal, Posyandu lansia mulai diaktifkan kembali sejak beberapa bulan yang lalu, dan dalam pelayanan Posyandu lansia ini, kita selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Penyakit yang paling banyak ditemukan saat Posyandu lansia tersebut meliputi hipertensi, kolestrol, dan juga diabetes. Selain lansia dengan umur sekitar 60 tahun, Posyandu ini juga berlaku untuk pra lansia yaitu dari umur 45 tahun keatas.

Juliana juga berharap agar para lansia-lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Wania yang belum aktif dan belum pernah mengikuti Posyandu lansia ini, boleh ikut aktif kembali, serta mempunyai kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi lansia. (Aniz)

Tinggalkan Pesan Anda