fbpx
Agama  

Pengurus DMI Mimika Periode 2022-2027 Resmi Dilantik

Suasana pelantikan Pengurus DMI Mimika di Gedung Eme Neme Yauware, Senin (14/3/2022). (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Pengurus Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI), Mimika, Papua, masa bakti 2022–2027 secara resmi. Ketua DMI Mimika Abdul Mutholib Elwahan S.Pd beserta jajarannya dilantik langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DMI Provinsi Papua, Dr. H. Mansur, SH, MH di Gedung Eme Neme Yauware, Senin (14/3/2022).

Sebelumnya, Abdul Mutholib Elwahan terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Daerah (Musda) III DMI Mimika di Aula Masjid Jabal Rahmah, Kaugapu, Distrik Mimika Timur, Minggu (16/1/2022).

Dalam sambutannya, H. Mansur mengatakan, dengan dilantiknya Pengurus Daerah DMI Mimika diharapkan dapat meningkatkan peran DMI dalam memakmurkan masjid serta mewujudkan fungsi masjid sebagai tempat peribadatan umat muslim, pengembangan masyarakat dan mempererat silaturahmi antar umat beragama.

“Kepengurusan DMI yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah, sehingga dapat memberdayakan masjid untuk melakukan upaya edukasi dakwah dalam rangka peningkatan karakter dan moral umat,” ucap Mansur.

Mansur menerangkan, keberadaan DMI Mimika juga harus bisa menjadi pengayom bagi seluruh masjid dan dapat menjadi pusat pembinaan umat muslim.

Selain itu, jajaran pengurus diharapkan memberikan dampak ekonomis terhadap lingkungan sekitarnya. Sehingga masjid bisa makmur, bersih dan lengkap fasilitasnya karena didukung masyarakat sekitar yang berkecukupan.

“Fungsi Masjid memang harus dikembangkan dan dimaksimalkan. Masjid harus dijadikan pusat kegiatan umat Islam, baik untuk kegiatan keagamaan, sosial, maupun kegiatan ekonomi,” tandasnya,

Sementara Abdul Mutholib pada wartawan usai pelantikan mengatakan, pengurus DMI yang baru dilantik segera melaksanakan tugas pengabdian untuk kepentingan komunitas masjid di Kabupaten Mimika.

Tugasnya adalah memakmurkan seluruh masjid. Semboyan DMI adalah memakmurkan masjid dan dimakmurkan oleh masjid. Memakmurkan secara lahiriah batiniah juga ekonominya.

“DMI Mimika mempunyai komitmen mengembangkan kesejahteraan masjid. Tak hanya itu, DMI juga mempunyai tugas untuk mempersatukan umat beragama. DMI adalah perekat dan pemersatu umat baik Islam, Nasrani, Budha, Katolik, Hindu maupun Konghuchu. Sehingga persaudaaraan antar umat beragama terjaga baik,” tuturnya.

Selain itu Elwahan melanjutkan, Tugas Ormas baik muslim dan lainya di Mimika diharpkan dapat terjalin dengan baik sesuai dengan semboytan Bhineka Tunggal Ika “berbeda beda tetap satu” artinya kita satu kesatuan yang taidak bisa terpisahkan.

Ketua Panitia Pelantikan DMI Kabupaten Mimika Hj. Rampeani Rachman S.Pd menjelaskan, agenda pelantikan berjalan lancar. Meski dijadwalkan akan dihadiri Ketua Umum DPP DMI, H. M Jusuf Kalla, namun ternyata masih berhalangan. Akhirnya dihadiri Ketua DMI Papua Dr. H Mansur SH. MH serta Sekum DMI Papua Dr. Kh Amirudin Sabil.

Writer: WahyuEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: