Umum  

Penerbangan Perdana Lion Air Rute Manado-Timika-Manado Resmi Dibuka

Timika, APN – Penerbangan Maskapai Lion Air tujuan Timika-Manado juga sebaliknya resmi dibuka. Pada penerbangan tersebut terdapat sekitar 136 penumpang yang mendarat di Timika.

Pembukaan tersebut ditandai dengan pendaratan perdana Pesawat Maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT-701 di Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin tepat pukul 12.35 WIT, setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam empat puluh lima menit dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Senin (11/1).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala mengatakan dengan masuknya maskapai Lion Air di Timika bisa membantu pemulihan perekonomian daerah dan nasional di masa pandemic covid-19 sekarang ini.

Foto: Fachruddin Aji (Pesawat Lion Air saat mendarat perdana di Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin, Mimika)

“Lion air juga mohon dukungan kepada semua pihak yang nantinya penumpang khususnya dari Kabupaten Mimika, harapannya industri penerbangan segera pulih dengan adanya pembukaan rute baru ini ,” katanya.

Dana mengaku Timika adalah kota ke tujuh yang kini dilayani Lion Air. Kendati demikian, Dana mengaku kedepan Lion Air akan terus membuka rute-rute lainnya secara bertahap di wilayah Timur Indonesia.

Dalam penerbangannya, Lion Air menurut Danang tetap mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang, serta menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Penjabat Sekda Mimika, Jeni O Usmany mengatakan sangat berterima kasih kepada jajaran Kementerian Perhubungan RI dan tentunya jajaran Pemerintah baik Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan impian masyarakat Mimika untuk membuka rute Manado-Timika dan Timika-Manado.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Mimika saya mengucapkan apresiasi atas dibukanya rute baru dari maskapai lion air untuk rute Manado-Timika dan Timika-Manado,” ujarnya.

Menurutnya transportasi udara merupakan komponen vital dalam melayani masyarakat yang tinggal di daerah yang sangat sulit dijangkau transportasi darat, sehingga penanganannya pun harus cermat dan hati-hati agar benar-benar memberikan kontribusi yang maksimal terhadap keberhasilan kebutuhan pembangunan di Kabupaten Mimika.

Sehingga Ia berharap dengan dibukanya rute penerbangan baru ini, dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pelayanan transportasi angkutan udara di Kabupaten Mimika.

Ia juga meminta agar pihak maskapai Lion Air dapat memberikan pelayanan terbaik juga menunjukkan profesionalisme dalam melayani masyarakat, terlebih di masa pandemi.

“Saya sangat mengharapkan agar dalam pelayanan transportasi udara yang dilakukan agar tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku,” tuturnya.

Jeni juga berharap kedepan Lion Air juga membuka lebih banyak rute penerbangan untuk melayani masyarakat Mimika.

Kepala UPBU Bandara Mozes Kilangin, Syamsuddin Soleman mengatakan untuk saat ini jadwal penerbangan maskapai Lion Air baru diperbolehkan empat kali seminggu, namun kedepan akan diupayakan agar bisa setiap hari karena rute ini sudah sangat ditunggu masyarakat Mimika.

“Selama ini masih transit kadang di Makassar dan Jayapura. Kita sudah buat jadwal penerbangannya sementara empat kali dalam seminggu. Dan untuk kelanjutannya kedepannya tergantung dengan market penumpang kami. Jika mendukung kita bisa menambah menjadi lima kali, enam kali dalam seminggu bahkan setiap hari,” terangnya.

Ia pun berharap agar ke depannya masakapai Lion Air juga terus menambah rute barunya dari Timika. Misalnya Timika-Ambon dan Ambon-Timika. (Aji-cr01)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: