Penerapan Satu Arah Jalan Budi Utomo Untuk Pemerataan Perekonomian? - Antar Papua News -
Umum  

Penerapan Satu Arah Jalan Budi Utomo Untuk Pemerataan Perekonomian?

Timika, APN – Penerapan Satu Arah Jalan Budi Utomo selain untuk mengurangi kemacetan juga bertujuan untuk pemerataan perputaran perekonomian di Mimika.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika Jania Basir mengatakan Jalan Budi Utomo selama ini dinilai masyarakat sebagai jalan utama, karena padatnya lalu lintas di jalan tersebut.

Sebab itulah jalan tersebut kini dialihkan menjadi satu arah agar jalan-jalan lain di Mimika seperti Yos Sudarso dan Ahmad Yani ramai.

Jalan Budi Utomo yang kini diberlakukan satu arah, dari arah Jalan Hasanuddin menuju Jalan Cenderawasih

“Jadi soal kebijakan one way ini tidak hanya Dinas Perhubungan yang melakukan kajian, ada juga Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yang melihat dari pertimbangan sisi ekonomi,” katanya saat ditemui di pertigaan Jalan Budi Utomo-Cenderawasih, Kamis (1/7/2021).

Lanjutnya, pertimbangan lainnya adakah karena Pemkab Mimika sudah membangun dengan baik akses jalan yang memadai tetapi perekonomian masih berpusat pada jalan Budi Utomo, dengan adanya one way diharapkan pemerataan terjadi.

“Volume kendaraan yang bertambah di jalan-jalan yang sepi tersebut, para pemilik usaha diharapkan akan berkembang seiring berjalannya waktu dan pemilik lahan contoh jalan yang baru dibuka yaitu jalan tembusan Petrosea akan membuka usaha-usaha baru,” katanya.

Ahmad Yani yang arus lalu lintasnya sepi kata Jania berdampak pada sisi perekonomian dalam hal usaha juga menjadi sepi, dengan dibuat satu arah diharapkan arus lalu lintas yang yang padat di jalan Budi Utomo bisa terpecah ke jalan Ahmad Yani, Yos Sudarso, dan lainnya.

“Kalau kita dari arah bandara kita pasti berfikir lewat Budi Utomo lebih ramai dan lebih banyak yang dilihat dengan ditutupnya akses ini orang berfikir lewat Ahmad Yani saja. Begitu juga yang dari SP 2 mau ke jalan Hasanuddin bisa lewat tembusan Petrosea,” tuturnya.

Sementara Sekda Mimika Michael Gomar saat ditemui di kesempatan yang sama mengatakan diberlakukannya satu arah di jalan Budi Utomo bisa menghidupkan akses jalan yang lain yang sepi dilalui oleh masyarakat. Sehingga akses jalan tersebut menjadi jalan utama dan bukan jalan Budi Utomo saja yang menjadi jalan utama.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Timika untuk bersama-sama mendukung kebijakan Pemkab Mimika dalam penerapan satu arah di jalan Budi Utomo karena tujuan Pemkab Mimika menerapkan kebijakan tersebut agar dapat memberikan dampak dan manfaat positif bagi masyarakat.

“Kebijakan tersebut (satu arah) sangat baik, masyarakat harus mengikuti ketertiban lalu lintas, sehingga semua arus jalan yang ada di kota Timika yang sudah dibangun oleh Pemerintah bisa memiliki banyak manfaat dari segi perekonomian,” tutupnya. (Aji-cr01)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: