fbpx

Pendidikan Tatap Muka Bergantung Pilihan Orang Tua

Timika, antarpapuanews.com – Pendidikan Tatap Muka khusus Kabupaten Mimika bergantung kepada pilihan orang tua. Pemerintah Kabupaten Mimika khususnya Dinas Pendidikan pun sudah menyiapkan beberapa pilihan model pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika Jenni O Usmani mengatakan ada tiga format pembelajaran yang disiapkan oleh Pemkab Mimika.

“Model pembelajaran tatap muka (sesuai protokol kesehatan) sudah dicanangkan sejak awal semester baru lalu tetapi karena kenaikan kasus pandemi covid-19 maka hal itu enggan dijalankan,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, Jl Cendrawasih Mimika, Jumat (18/12).

Ilustrasi Sekolah

Ditanya tentang kesiapan apabila pembelajaran tatap muka dilaksanakan pada Januari, Jenni mengaku Pemkab maupun sekolah menurutnya sudah siap untuk melaksanakan. Tetapi kata Jenni, meskipun dapat dilaksanakan ataupun siap, semua keputusan kembali kepada orang tua anak.

“Sudah siap, kita sudah sangat siap. Tetapi masalahnya adalah Pemkab tidak mau nanti kalau ada apa-apa disalahkan. Artinya ngomong kan gampang tetapi nanti kalau terjadi sesuatu siapa yang dicari? Makanya semua kembali ke orang tua,” tegasnya.

Jenni menambahkan kalaupun Pemkab menggelar pembelajaran tatap muka, pertanyaannya, apakah orang tua mau dan setuju. Menurut Jenni Pemkab sejatinya hanya mengikuti apa yang diinginkan oleh orang tua murid.

“Orang tua kan lebih tahu prioritas pendidikan terbaik untuk anaknya, bukan pemerintah. Pemkab hanya memberikan pilihan metode pembelajarannya, semua kembali ke orang tua,” jelasnya.

Kemudian Jenni juga mengatakan semua kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten berlaku untuk semua sekolah baik negeri maupun swasta.

“Hal ini berlaku untuk semua sekolah, negeri maupun swasta. Kalau nantinya kedepan ada sekolah swasta yang tidak mengikuti kebijakan pemerintah (soal pembelajaran tatap muka) maka diharap orang tua melapor kepada Dinas Pendidikan untuk ditindak lanjuti,” pungkasnya. (APN1)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: