fbpx
Berita  

Pemprov Papua Persiapkan Serah Terima Aset Venue dengan Pemkab Mimika Menuju Papua Provinsi Olahraga

Suasana kegiatan pertemuan dan sosialisasi Disorda Papua dengan Pemkab Mimika dan pihak terkait lain guna membahas Serah Terima Aset dan Sosialisasi Papua Provinsi Olahraga  di Hotel Horison Ultima, Mimika, Papua, Kamis (12/5/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua bertemu dengan sejumlah stakeholder dan Perwakilan Pemerintah Kabupaten Mimika untuk melakukan “Kick Off” Papua Menuju Provinsi Olahraga”, Pembahasan Peralatan Olahraga bekas PON XX yang digelar Tahun 2021.

Selain membahas dua hal tersebut Pemprov juga melakukan sosialisasi persiapan serahterima aset venue dari Pemerintah Provinsi ke pemerima manfaat (KONI, Pengurus Cabang Olahraga, dan Pemerintah Kabupaten Mimika).

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (12/5/2022) yang dihadiri juga oleh pihak Pemerintah Kabupaten Mimika, KONI,  perwakilan masing-masing cabang olahraga.

Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua menjelaskan  Alexander Kapisa, menjelaskan pihaknya datang ke Timika sebagai salah satu tempat penyelenggaraan PON XX untuk membicarakan mengenai banyak aset yang akan diserahkan kepada Kabupaten Mimika.

“Kita akan bicara bagaimana menata atau mengelola aset yang ada baik venue atau peralatan juga dalam konteks pemeliharaan venue,” katanya.

Kegiatan ini kata Alexander sebagai tindaklanjut dari kesuksesan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI Tahun 2021 di Provinsi Papua.

Selain itu Pemprov dan Pemkab Mimika membahas tentang dengan ketersediaan darana dan prasarana Olahraga yang berstandar internasional, maka Pemerintah Provinsi saat ini sedang mempersiapkan Papua untuk menjadi Provinsi Olahraga.

Alex juga menyebutkan pihaknya juga berdiskusi diikuti komitmen bersama untuk bagaiamana langkah untuk berjuang agar Papua ditetapkan menjadi Provinsi olahraga.

“Klaster Mimika akan kita tetapkan layak di cabang olahraga apa, misalnya atletik nantinya baik itu pelatda, hingga kejurnas akan di gelar di Mimika. Tetapi yang terpenting adalah penetapan regulasi,” ujar Alex.

Alex menjelaskan untuk menuju Papua Provinso Olahraga maka harus ada regulasi bertahap mulai dari Perda, sampai Perpres.

“Jika sudah ada regulasi agar Pemprov menjadi Provinsi Olahraga pasti akan lebih leluasa menyelenggarakan event dan mendapatkan dukungan anggaran. Jika tidak ada regulasi maka Provinsi Olahraga tidak bisa diwujudkan,” ungkapnya.

Alex pun menegaskan pemprov akan terus melakukan sosialisasi dan berjuang agar Papua menjadi Provinsi Olahraga sehingga nantinya bisa menggelar event olahraga, juga menjadi pusat pembinaan, dan pelatihan terpadu olahraga di Indonesia.

“Untuk itulah kenapa kami ada di Timika untuk kita serap informasi dan diskusi. Karena kalau bicara konsep olahraga perencana olahraga tidak bisa parsial harus sinergis. Ini membutuhkan keterpaduan diantara seluruh stake holder, sehingga penting untuk berdiskusi,” ujarnya.

Menurutnya penyusunan strategis usai PON dan Peparnas perlu dilaksanakan sebab ini juga bisa mendukung kemajuan olah raga yang ada di Papua.

“Bagaimana kita mengelola aset-aset olahraga dan peralatan olahraga jadi ini penting sekali, ini juga mendukung visi misi Provinsi Papua yaitu bagaimana kebangkitan Orang Papua dalam sisi olahraga,” paparnya.

Alex juga menyebut hasil dari pertemuan tersebut Pemkab Mimika harus segera membentuk tim serah terima aset, kemudian membuat perencanaan pengelolaan aset dan pembinaan atlet. (cr01/Aji)

Writer: CR01/Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: