fbpx
Berita  

Pemkam Nawaripi Serahkan BLT Tahap I Tahun 2022, Sebesar Rp 135 Juta Kepada 151 KK

Penyerahan BLT dari Bendahara Kampung Nawaripi Ke Kepala Kampung Nawaripi (Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Pemerintah Kampung (Pemkam) Nawaripi Distrik Wania serahkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Tahap I Januari – Maret 2022 sebesar Rp135.900.000, kepada 151 Kepala Keluarga (KK). BLT tersebut diserahkan oleh Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun kepada Ketua – Ketua RT Kampung Nawaripi yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Merah Putih Kampung Nawaripi, Jumat (24/6/2022)

Jumlah penerima BLT tahap I tahun 2022 Kampung Nawaripi sebanyak 151 Kepala Keluarga (KK) dari 18 RT se Kampung Nawaripi, total penerimaan BLT perbulan Rp 300.000 yang dihitung sejak bulan Januari – Maret 2022.

“Penyaluran BLT ini dilakukan seperti tahun sebelumnya, yang diserahkan kepada ketua-ketua RT. Kemudian Ketua – Ketua RT kemudian diteruskan kepada warga yang berhak menerima,” ungkap Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun.

Norman mengingatkan bahwa pembagian BLT setiap tahunnya sangat ketat sehingga bukti dokumentasi penerima harus disertakan.

“Jadi, RT yang akan kasih, langsung foto warganya sesuai nama yang menerima. Kalau bapak punya nama, yang tanda tangan dan terima bapak juga, jangan yang lain. Karena nanti ada KPK turun periksa ke rumah-rumah. Makanya harus kerja baik-baik karena ini uang negara,” ujarnya.

Hal Senada juga disampaikan oleh Kepala Distrik Wania, Richard N Wakum yang seharusnya sudah digantikan oleh Thobias Ba’Ka menekankan adanya dokumentasi penerima manfaat.

“Hari ini ada 151 KK yang berhak menerima, berarti ada 151 foto orang yang terima. Kalau tidak, KPK yang datang ke bapak-ibu,” kata Richard.

Selain dokumentasi, Richard menekankan agar nama kepala keluarga yang terdaftar sebagai penerima tidak berubah.

“Contoh, kalau bapak yang punya nama terima hari ini, besok mama, besok anak. Nanti yang tanda tangan beda-beda akhirnya persoalan lagi. Jadi kalau bapak yang terima, dia yang terima sampai penyaluran selesai nanti,” ujar Wakum.

Richard berharap dukungan dari ketua-ketua RT yang ada di Wania untuk mendukung program-program yang dilakukan Pemerintah Daerah, dan berpesan kepada para penerima BLT agar bantuan digunakan sebaik mungkin demi kebutuhan keluarga.

Kemudian, Staf Pendamping Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mimika, Bidang Pemerintahan Kampung, Lenny mengatakan dasar penyaluran BLT sesuai dengan Peraturan Menteri keuangan Nomor 190 tahun 2021 minimal 40 persen dari DD. Pemerintah pusat memberikan dana beserta dengan aturannya yaitu yang berhak terima adalah kepala keluarga.

“Bagi yang sudah menerima bantuan lain tentunya tidak berhak menerima termasuk yang mempunyai pekerjaan tetap, seperti ASN, karyawan,termasuk aparat kampung dan Bamuskam.Karena mereka telah menerima gaji atau tunjangan,”tandanya.

Ia juga berharap warga penerima BLT dapat menggunakan bantuan dengan baik untuk mencukupi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam keluarga masing-masing.

Writer: AnisEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: