fbpx

Pemkam Mandiri Jaya, Ingin Pemkab Mimika Bangun Menara Telekomunikasi

Timika, APN – Kepala Kampung Mandiri Jaya ingin agar Pemerintah Kabupaten Mimika membangun menara telekomunikasi agar akses jaringan menjadi lebih baik.

Kepala Kampung Mandiri Jaya, Elias Mirip mengatakan kendala akses jaringan telekomunikasi masih sering dihadapi warganya walaupun lokasi Kampung Mandiri Jaya, berada di sekitaran kota Timika.

Sulitnya akses tersebut berdampak pada program Kampung dan OPD terkait seperti rencana pengembangan Kampung Mandiri Jaya menjadi Kampung agrowisata, dan juga pelayanan dokumen kependudukan kerjasama Dukcapil dan Distrik Wania.

Sementara soal penyediaan lahan, Kepala Kampung Mandiri Jaya Elias Mirip menegaskan, Kampung Mandiri Jaya telah menyiapkan lahan khusus untuk pembangunan menara, lahan tersebut berada di fasilitas umum yang dibangun Pemerintah.

“Kalau masalah lahan itu saya rasa Mandiri Jaya tidak ada masalah, saya tidak tahu tempat lain ya. Di sini kami sudah sediakan lahan untuk aset umum milik Pemerintah itu lahannya sudah ada,” kata Elias di kampung Mandiri Jaya, Ketika ditemui Wartawan di Balai Kampung Mandiri Jaya, Selasa (10/08/2021) lalu.

Ia mengakui ada beberapa titik yang warganya bisa mengakses jaringan 4G seperti di Balai kampung, itu pun tidak lama.

“Masyarakat di sini sering mengalami kesulitan jaringan untuk komunikasi dengan teman-teman di luar, terpaksa mereka harus keluar ke SP 1 baru mereka dapat jaringan,” ungkapnya.

Kepala Kampung Mandiri Jaya, Elias Mirip

Ia mengungkapkan, jika jaringan telekomunikasi telah masuk ke Mandiri Jaya, maka program yang direncanakan oleh Pemkam dapat berjalan.

“Apabila ada jaringan maka dapat mendukung program Kampung agrowisata,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Kadistrik Wania, Richard Wakum mengatakan, pihak Distrik dan Pemerintahan Kampung Mandiri Jaya telah memasukkan program tersebut kedalam Musrenbang dan juga disampaikan kepada OPD terkait untuk ditindaklanjuti.

“Masalah jaringan di Kampung Mandiri Jaya ini, saya sudah masukkan ke Kominfo untuk ada satu menara di dalam sini (Kampung) supaya di sini bisa akses jaringan,” kata Richard di ruang kerjanya, Kamis (12/08/2021) lalu.

Karena kendala jaringan membuat beberapa kegiatan tidak bisa dilaksanakan di Mandiri Jaya, sehingga harus dialihkan ke tempat lain yang bisa mengakses jaringan.

“Kalau ada jaringan itu sangat membantu karena ada beberapa kegiatan yang terkendala jaringan ini, mulai dari pelayanan KTP dan lain-lain, akhirnya kita alihkan ke SP1,” jelasnya. (Anis-cr02)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: