fbpx

Pemkab Mimika Upayakan 3.975 Honorer Bisa Jadi CPNS

Timika, APN – Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Mimika akan mengupayakan sebanyak 3.975 honorer  yang terdata di Mimika bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengungkapkan dari 20 ribu kuota CPNS yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Papua, Kabupaten Mimika hanya memperoleh 600 kuota saja.

Bupati Eltinus Omaleng

“Kita akan ajukan lagi kepada Pemerintah Pusat secara bertahap, targetnya 3.975 honorer harus diangkat CPNS. Kita akan ajukan terus hingga semua honorer di Pemkab Mimika tidak ada lagi,” ungkapnya saat ditemui Wartawan di Jalan Cenderawasih, Kamis (29/4/2021).

Bupati menjelaskan, 600 kuota tersebut merupakan jatah Pemkab Mimika untuk tahun 2019. Sehingga Pemkab Mimika berencana mengajukan kuota CPNS kepada Pemerintah Pusat.

Lanjutnya, Pemkab menargetkan agar semua tenaga honorer yang ada saat ini diangkat sebagai CPNS.

“Sekarang kan dimulai dari 600, jadi kami akan ajukan lagi sampai 3.000 lebih itu selesai,” tegasnya.

Bupati menambahkan jika nantinya 3.975 honorer tersebut sudah menjadi CPNS Pemkab berencana untuk tidak lagi melakukan rekrutmen tenaga honorer.

“Kalau 3.975 honorer ini sudah diangkat sebagai CPNS, kita tidak akan terima honorer lagi,” ucapnya.

Alasan kenapa Pemkab tidak lagi melakukan rektrutmen kata Bupati lantaran jumlah tenaga honorer yang begitu banyak, menyebabkan beban bagi APBD Kabupaten Mimika setiap tahunnya.

Setiap tahun, kata Bupati, Pemkab Mimika menganggarkan kurang lebih Rp. 147 Miliar untuk membayar tenaga honorer yang ada di Kabupaten Mimika. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: