fbpx

Pemkab Mimika Targetkan 133 Kampung Menyala Tahun ini

Ilustrasi. (pixabay.com)

Timika, APN – Pemerintah Kabupaten Mimika menargetkan penyelesaian penyambungan listrik di 133 Kampung yang ada di Kabupaten Mimika.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan saat ini sudah ada beberapa kampung yang teraliri listrik seperti 6 di Distrik Mimika Barat, dan Distrik Mimika Barat Tengah yang menyisakan satu yakni Timika Pantai.

“Kalau Mimika barat targetnya 7, enam kampung sudah selesai, sisa satu, sebenarnya kan targetnya kami terkahir ini akhir 2022 jadi ada beberapa catatan yang kita sudah punya mana daerah yang belum teraliri listrik, dalam pelaksanaannya kita bersama-sama dengan PLN dengan kementerian ESDM,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Selasa (22/3/2022).

Wabup melanjutkan target berikutnya untuk program kekistrikan adalah Distrik Agimuga karena dari 8 kampung baru satu yang menyala.

“Targetnya Agimuga dengan 8 kampung, karena baru 1 kampung menyala masih ada 7 kampung. Seharusnya sudah menyala tahun lalu, tapi karena persoalan tanah jadi belum kita kerjakan tapi semua fasilitas sudah ada. Tinggal penyambungan ke rumah-rumah, gensetnya sudah ada, tinggal di angkut kesana, jadi target untuk Agimuga nyala tahun ini. Aindua, Tapermai sudah menyala, Potowaiburu sudah menyala juga,” terangnya.

Selain Agimuga yang menjadi target penerangan di pegunungan Pemerintah bekerjasama dengan PT Freeport Indonesia.

“Ada yang kita kerjasama dengan ESDM, Kementerian ESDM ini kita sebenarnya tunggu tahun ini, mudah-mudahan tahun ini, kemudian di Mimika Timur Jauh sebagian Freeport sudah buat dengan PLTA, ini yang mau kita perbaiki sisanya oleh PLN. Pokonya target kami Mimika terang tahun 2022 akhir. Harus 133 kampung sudah terang,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: