fbpx

Pemkab Mimika Resmi Berlakukan PPKM Mikro

Timika, APN – Pemkab Mimika resmi berlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro hingga satu bulan. Keputusan tersebut diambil oleh Pemkab Mimika setelah rapat koordinasi PPKM di salah satu hotel yang berada di Jalan Cenderawasih, Rabu (7/7/2021).

PPKM Berbasis Mikro tersebut berlaku mulai Rabu (7/7/2021) hingga sabtu (7/8/2021). Dalam PPKM tersebut aktivitas masyarakat mulai pukul 06.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Kemudian untuk akses transportasi keluar masuk Kabupaten Mimika diwajibkan melakukan PCR minimal 3×24 jam dan menunjukkan sertifikat Vaksinasi minimal tahap pertama. Kemudian untuk akses antar Papua diberlakukan minimal tes antigen. Tetapi bagi yang berasal dari wilayah zona merah Papua, maka minimal menyertakan tes PCR negatif.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam arahannya mengatakan bahwa, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Gubernur Papua terkait pemberlakukan PPKM berbasis Mikro di Kabupaten Mimika. Bupati pun menegaskan aktivitas masyarakat dimulai pukul 06.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika saat menandatangani keputusan bersama PPKM Mikro

“Jam 18.00 WIT semua harus tutup dan tidak ada aktivitas lagi. Satpol PP saya perintahkan untuk lakukan sosialisasi kepada masyarakat, selain itu melakukan penjagaan bersama aparat keamanan,” tegas Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa pemberlakuan PPKM tersebut untuk melihat peningkatan Covid 19 di Kabupaten Mimika. Jika dalam pemberlakuan PPKM satu bulan kasus Covid meningkat maka Bupati Mimika akan memberlakukan lock down total.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan pemberlakuan PPKM berfungsi untuk mencegah, sekaligus menanggulangi adanya virus varian baru yang lebih menular.

“Jadi saya mohon kepada masyarakat untuk dukungannya,” ungkapnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: