fbpx

Pemenang STQ ke-10 Kabupaten Mimika, Akan Jadi Perwakilan di Tingkat Provinsi

Timika, APN – Pemenang gelaran ke-10 Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kabupaten Mimika akan mewakili Kabupaten, dalam perlombaan di tingkat Provinsi.

Ketua Panitia STQ ke-10 Kabupaten Mimika, Abdul Syakir mengungkapkan maksud dilaksanakannya STQ adalah untuk menumbuh kembangkan pemahanan dan pengamalan isi kandungan Al-Quran.

Sementara tujuan dilaksanakannya sebagai ajang seleksi bagi tilawaj tingkat Kabupaten untuk nantinya mengikuti lomba tingkat Provinsi.

“Jadi pembukaan dilakukan kemarin, oleh Sekda Mimika. Kemudian nantinya juara di tingkat Kabupaten ini akan mewakili Mimika untuk berlomba di tingkat Provinsi,” ujarnya saat ditemui Wartawan di Kompleks Masjid Babussalam, Sabtu (27/3/2021).

Adapun dua jenis lomba yang dilakukan yakni Tahfidzul Qur’an dan Tilawah.

“Khusus tilawah itu dibagi menjadi dua cabang lagi, yakni tilawah putra dan putri khusus anak, kemudian putra, putri dewasa,” ujarnya.

Syakir menambahkan untuk Tahfidzul Qur’an terbagi menjadi beberapa cabang perlombaan yakni 10 juz, dan 20 juz.

Total peserta pada STQ tersebut di semua cabang perlombaan kata Syakir berjumlah 104 peserta.

Khusus untuk teknis penilaian (penjurian) pihak panitia menggunakan dewan hakim (juri) sebanyak 19 orang yang terbagi menjadi beberapa seksi.

“Ada dua dewan hakim yang bertugas sebagai panitra atau sekretaris dan operator, kemudian sisanya sebagai penilai mulai dari tajwid, fashahah, suara, lagu hingga tahfidz, semua pakai sistem teknologi, sehingga memudahkan,” tutupnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: