fbpx

Pembukaan Forum Perangkat Daerah, Bupati Eltinus Tekankan Program OPD Sesuai Aspirasi di Musrembang

Foto bersama peserta forum OPD, Kepala OPD dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng di hotel Cendrawasih 66, Mimika, Kamis (24/3/2022). Foto: Aji/APN

Timika, APN – Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng menekankan kepada peserta Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pembahasan dan menentukan prioritas program pembangunan sesuai dengan aspirasi masyarakat dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat merumuskan Rencana Pembangunan Kabupaten Mimika ke depan ke arah yang lebih baik, saya harap kepala distrik dan pimpinan OPD dalam melaksanakan pembahasan dan menentukan prioritas program pembangunan tahun anggaran 2023 dengan merespon aspirasi masyarakat yang telah disepakati dalam musrenbang,” tegasnya dalam sambutan pembukaan Forum OPD yang digelar di Hotel Cendrawasih 66, Mimika, Kamis (24/3/2022).

Bupati melanjutkan Forum OPD merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Kerja (Renja).

“Muara dari Renja atau Renja perangkat daerah ini adalah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rencana Anggaran Pendapatan BelanjanDaerah (RAPBD),” ucapnya.

Bupati juga menegaskan peserta Forum OPD harus memperhatikan tiga hal yakni dokumen Renja OPD tetap berpedoman kepada Renstra OPD dan mengacu pada RKPD tahun anggaran 2023, melakukan evaluasi pelaksanaan Renja OPD berdasarkan Renstra termasuk program atau kegiatan yang belum terselesaikan dan masih perlu dilanjutkan, merumukan prioritas program dan kegiatan, indikator terukur, kelompok sasaran, lokasi dan pagu indikatif dari setiap OPD.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika Yohana Paliling megatakan tujuan dari Forum OPD untuk menyelaraskan antara program OPD dengan usulan hasil musrenbang tingkat distrik.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: