fbpx

Pembahasan APBD Perubahan Menunggu DPRD Mimika

Timika, APN – Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021 masih menunggu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar menjelaskan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, masih menunggu pembahasan Peraturan Daerah (Perda) pelaksanaan APBD tahun 2020 dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar

“Kita berharap pengajuan dokumen LKPJ dan Perda pertanggungjawaban sudah disampaikan dari Pemda Mimika kepada DPRD legislatif, sehingga bisa dijadwalkan (pembahasan) jadi Juni ini bisa selesai pembahasan non APBD, setelah itu pembahasan LKPJ dan juga pembahasan Perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020,” jelas Michael Gomar saat ditemui Wartawan di Kantor Kelurahan Kamoro Jaya, Kamis (17/6/2021).

Michael menambahkan apabila proses tersebut sudah selesai maka akan diajukan APBD perubahan tahun 2021.

Terkait dengan materi APBD perubahan kata Michael sementara ini belum disiapkan, karena pihaknya masih melakukan rekonsiliasi terhadap realisasi kegiatan tahun 2021 yang sudah ada dalam APBD induk.

Alasan lain pembahasan masih belum dilakukan karena Pemkab sementara melakukan koordinasi ke Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri terkait alokasi sumber pendapatan lain yang bisa didapat oleh Pemda Mimika.

“Dana lain itu agar pengusulan APBD perubahan tahun 2021 bisa bertambah, tambahan yang dimaksud itu seperti dana perinbangan, dana DAU tambahan dan juga beberapa sumber pendapatan yang lainnya,” ucapnya.

Kemudian mengenai dana Deviden (dana 2,5%) sebesar 300 Miliar kata Gomar sudah termasuk di dalam APBD induk 2021.

“Kita harapkan apabila ada penambahan sumber pendapatan yang kita yang bisa didapatkan sampai dengan Juli atau Desember 2021, maka nanti akan ditambahkan sebagai penambah APBD Perubahan tahun 2021,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Mimika, Alex Tsenawatme mengatakan jika materi soal LKPJ Pemkab Mimika telah diterima oleh DPRD Mimika.

“Kita sudah menerima tetapi kita masih akan pelajari terlebih dahulu, kita tidak mau tergesa-gesa,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: