fbpx

PDI Perjuangan Lakukan Refleksi Akhir Tahun 2021

Timika, APN – Menjelang akhir tahun 2021 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melakukan refleksi, dan evaluasi.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda disepanjang tahun 2021 ini tentu memiliki tantangan tersendiri, tak terkecuali dalam menjalankan agenda dan kerja-kerja politik Partai.

Namun atas berkat soliditas tiga pilar partai (Pengurus, Eksekutif, dan Fraksi) serta seluruh jajaran struktural partai, PDI Perjuangan tetap memastikan agar kerja-kerja politik partai dapat senantiasa terlaksana dengan baik.

Hal itu dijelaskan melalui keterangan tertulis yang diterima antarpapuanews.com, Selasa, (28/12/2021). Penghujung tahun 2021 menjadi momentum penting bagi PDI P untuk melakukan refleksi (Kilas Balik) guna memberikan catatan atas sejumlah capaian dan evaluasi dari kerja-kerja politik partai yang telah berlangsung sepanjang tahun 2021.

Dalam keterangan pers rilis tersebut dijelaskan, DPC PDI Perjuangan Mimika sejauh ini terus melakukan konsolidasi partai secara masif, mulai dari penataan badan-badan partai hingga melakukan melakukan pembentukan kepengurusan tingkat distrik yang kini mencapai seratus persen. Ada juga tingkat distrik yang kini juga telah mencapai seratus persen.

Sementara untuk tingkat ranting sampai saat ini baru mencapai tujuh puluh tiga persen dan sudah dilaporkan ke DPP Partai melalui Rapat Kerja Cabang pada tanggal 17 Mei 2021 lalu.

Selain itu, beberapa capaian lainnya yakni dalam bentuk peningkatan SDM atau kualitas kader dengan dilakukannya pendidikan politik dan orientasi kepada kader guna memantapkan tata kelola partai. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2021.

Selain capaian-capaian internal partai, DPC PDI Perjuangan Mimika juga memiliki pencapaian dari segi eksternal. DPC PDI Perjuangan juga aktif dalam menjalin hubungan kemitraan dengan sejumlah stekholders sebagai upaya perbaikan program dan kebijakan pada sektor politik.

Dilihat dari sisi kebijakan anggaran pembinaan Parpol, PDI Perjuangan merupakan Partai yang konsisten mendorong peningkatan jumlah anggaran pembinaan Parpol.

Hal itu beranjak dari kesadaran moral bahwa partai memiliki peran strategis dalam upaya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, sehingga peran strategis tersebut harus didukung secara maksimal oleh Pemerintah.

PDI Perjuangan terus konsisten dalam mendorong kebijakan tersebut serta didukung oleh Kesbangpol Mimika. Hingga pada akhirnya, anggaran pembinaan parpol yang mulanya sebesar Rp4.600 per suara dinaikkan pemerintah menjadi Rp10.000 per suara.

Di sisi lain, PDI Perjuangan Mimika juga berinisiasi melakukan sejumlah terobosan baru pada perbaikan tata kelola penyelenggaraan pemilu atas kebijakan penyelenggaraan pemilu.

Hal itu dibuktikan dengan peran PDI Perjuangan Mimika dalam memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan evaluasi pelaksanaan pilkada.

Kegiatan yang digelar pada 29 November 2021 tersebut langsung dihadiri oleh Anggota Komisi II DPR-RI, Bawaslu RI, Komisioner Bawaslu Provinsi Papua dan seluruh stakeholders pemilu di Kabupaten Mimika.

Kedepannya, hasil dari evaluasi atas kegiatan yang terhelat itu memberikan sejumlah rekomendasi konstruktif terhadap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Mimika.

Data pemilih merupakan awal dari penentuan keberhasilan suatu penyelenggaraan pemilu. Maka, PDI Perjuangan Mimika terus memberikan pengawalan terhadap pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dihelat KPU Mimika setiap triwulan tersebut, untuk memberi perlindungan hak pilih bagi warga masyarakat Kabupaten Mimika yang belum memiliki KTP Mimika alias belum berstatus sebagai penduduk resmi Kabupaten Mimika.

Sekretaris PDI Perjuangan Mimika, Alfian Akbar Balyanan mendorong penyelesaian persoalan tersebut ke Kementerian Dalam Negeri. Sehingga melalui Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 470/7265/SJ, Perihal : Pindah Datang Penduduk, tertanggal 27 Desember 2021, maka persoalan terkait dengan perlindungan hak pilih bagi warga Mimika yang belum ber-KTP Mimika akhirnya dapat diselesaikan melalui kebijakan kemudahan pelayanan mutasi kepindahan penduduk antar wilayah.

Selain capaian atas kerja-kerja politik baik secara internal maupun eksternal, DPC PDI Perjuangan Mimika juga terus berupaya untuk melakukan aksi-aksi nyata kepada masyarakat.

Hal itu tentunya menjadi program yang kini ddiprioritaskan partai sehingga eksekutif partai dan tiap-tiap Anggota Fraksi diwajibkan terus terjun ke masyarakat secara langsung untuk memberikan bantuan juga dukungan kepada masyarakat yang rentan dan yang membutuhkan di masa pandemi ini.

Tentunya seluruh capaian di tahun 2021 ini tak terlepas dari dukungan dan sinergisitas yang baik oleh semua pihak baik internal Partai maupun eksternal.

Sementara itu, sejumlah program partai yang hingga kini belum tercapai tentu menjadi catatan dan evaluasi bagi DPC PDI Perjuangan Mimika untuk menatap tahun 2022 yang lebih baik.

Tahun 2022 yang kini berada di depan mata, PDI Perjuangan tentunya menyiapkan seluruh energi dan fokus pada kerja-kerja Partai dalam rangka menghadapi Verifikasi Partai Politik, dengan melakukan konsolidasi struktural yang lebih sistematis dan masif.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: