Paripurna Pandangan Umum Fraksi, DPRD Apresiasi WTP Pemkab Mimika - Antar Papua News -

Paripurna Pandangan Umum Fraksi, DPRD Apresiasi WTP Pemkab Mimika

Timika, APN – Dalam Rapat Paripurna II masa sidang II yang digelar di Kantor DPRD Kabupaten Mimika, Kamis (8/7/2021) tentang pandangan umum fraksi, Pemkab Mimika mendapatkan apresiasi setelah kembali berhasil kembali mendapat status Wajar Tanpa Pengecualian.

Dalam pandangan umum Fraksi Golkar yang disampaikan oleh Ketua Fraksi Marianus Tandiseno menyebut jika pihaknya mengapresiasi pencapaian WTP untuk keenam kalinya yang berhasil diraih Kabupaten Mimika.

Suasana Rapat Paripurna II Masa Sidang II DPRD Mimika

“Dengan disematkannya predikat tersebut ini berarti selama kepemiminan Bapak Bupati Eltinus Omaleng selalu mendapatkan opini WTP dari audit BPK, tentunya kami fraksi golkar sangat bangga atas prestasi tersebut sembari terus mendorong Pemerintah agar prestasi ini terus dipertahankan dan sebisa mungkin ditingkatkan demi tercapainya Visi Misi Bupati yaitu terwujudnya Mimika Cerdas, Aman, Damai, dan Sejahtera,” ujarnya.

Ia menambahkan fraksi golkar selaku pendukung Pemerintah berharap agar Pimpinan OPD bekerja lebih keras lagi agar target-target capaian ataupun realisasi anggaran dan belanja daerah dapat ditingkatkan lagi.

Sementara itu menurut pandangan umum fraksi Mimika Bangkit yang terdiri dari tiga gabungan partai yakni Partai Perindo, Partai Demokrat, dan Partai PSI yang disampaikan oleh Ketua Fraksi Leonardus Kocu mengatakan dari hasil audit BPK atas laporan keuangan tahun 2020, Fraksi Mimika Bangkit mendengar jika Mimika mendapat banyak catatan yang perlu diperhatikan pada waktu-waktu mendatang.

Leonardus menyebut jika WTP bukan indikator pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati. Karena menurutnya Pemerintah perlu menyediakan indikator pencapaian kinerja LKPJ yang merupakan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang dijabarkan dalam program kerja setiap OPD yang mudah dibaca dan diukur.

“Pemerintah perlu menjelaskan mengapa tidak ada alokasi biaya siswa untuk putra putri Amungsa. Banyak siswa yang sudah tidak dapat biaya dari Pemda lagi,” ujarnya.

Lanjutnya, menurut pandangan fraksinya pertumbuhan ekonomi Mimika juga ikut menurun drastis, kegiatan ekonomi UMKM lumpuh akibat kebijakan lockdown atau pembatasan waktu kerja masyarakat.

Kocu menyarankan agar Pemerintah mencari strategi yang baik untuk mengaktifkan kembali kegiatan ekonomi, karena kegiatan kesehatan dan ekonomi sama-sama penting.

Guna meningkatkan kerja sama yang harmonis kedepan antar Bupati, Wakil Bupati dan DPRD sebagai pelaksana pemerintahan daerah menurut fraksi Mimika Bangkit perlu ada pertemuan rutin dan terjadwal untuk saling konsultasi dan konsolidasi mengenai masalah dan strategi pembangunan daerah.

Selain dua fraksi tersebut keempat fraksi lain juga memberikan apresisasi serupa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika. (Anis-cr02)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: