fbpx

Papua Urutan Pertama Dengan Bahasa Daerah Terbanyak!!! Ini Penjelasannya…

Jumat lagi! Saatnya memanjakan diri kamu dengan bacaan ringan dan menyenangkan seperti edisi hari ini karena, yah, semua orang berhak mendapatkan waktu istirahat. Selain itu, kamu sudah melakukannya dengan sangat baik dengan (hampir) bertahan minggu ini. Jadi, inilah beberapa informasi ringan, rekomendasi menyenangkan, untuk memulai akhir pekan kamu!


yup, kali ini we are going to talk about local language aka bahasa daerah, nah menurut data yang telah dipublikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2019) jumlah bahasa daerah di Indonesia mencapai 801 bahasa. Wow! It’ amazing, kita patut berbangga dengan kekayaan bahasa daerah yang kita punya, nah, let’s see kira-kira Provinsi kamu berada di urutan ke berapa sih, here we go:


  • Papua dan Papua Barat. Jumlah bahasa Papua dan Papua barat adalah 428 bahasa dan menjadi bahasa terbanyak se-Indonesia dengan masing-masing Papua sebanyak 326 bahasa dan Papua barat sebanyak 102 bahasa dan FYI, Kelompok suku di Papua terdiri dari 255 suku dengan bahasa yang berbeda-beda. Gilaaaaaa, berarti belom semua tercatat dong guys!!! Papua adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Nugini bagian barat atau West New Guinea. Papua Barat adalah sebutan yang lebih disukai para nasionalis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri. Provinsi ini dulu dikenal dengan panggilan Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973, namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002. Nama Provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No 21/2001 Otonomi Khusus Papua. Pada masa era kolonial Belanda, daerah ini disebut Nugini Belanda (Dutch New Guinea). Asal kata Irian adalah Ikut Republik Indonesia Anti-Netherland. Kata Papua sendiri berasal dari bahasa melayu yang berarti rambut keriting, sebuah gambaran yang mengacu pada penampilan fisik suku-suku asli. Pada tahun 2004, disertai oleh berbagai protes, Papua dibagi menjadi dua Provinsi oleh pemerintah Indonesia bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Irian Jaya Barat yang sekarang menjadi Provinsi Papua Barat.

  • Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur (disingkat NTT) adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang meliputi bagian timur Kepulauan Nusa Tenggara memiliki 71 bahasa. Dan masuk dalam urutan ketiga dengan bahasa terbanyak di Indonesia setelah Papua dan Papua barat. Provinsi ini memiliki ibu kota di Kota Kupang dan memiliki 22 kabupaten/kota. Provinsi ini berada di Sunda Kecil.  Setelah pemekaran, Nusa Tenggara Timur adalah sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Timor Belanda (biasa disebut Timor Barat).
  • Kalimantan dan Sulawesi Tengah. Masing-masing dari mereka memiliki 23 bahasa dan 21 bahasa daerah. Kalimantan, , atau juga disebut Borneo oleh dunia internasional, adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Dengan Luas 743.330 km², Ketinggian  4.095 m serta Gugusan pulau; Kepulauan Melayu, Greater Sunda Islands. Sulawesi Tengah adalah sebuah Provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi Ibu kota Provinsi ini adalah Kota Palu. Luas wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduk sebanyak 2.985.734. Adapun Luas 61.841 km², Tempat wisata: Taman Nasional Lore Lindu, Pulau Sombori, selain Sekolah Tinggi dan Universitas yang ada di Sulawesi Tengah adalah Universitas Tadulako, Universitas Alkhairaat.
  • DI Yogyakarta dan Kepulauan Riau. Kedua Provinsi ini only have satu bahasa daerah. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. FYI, sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta merupakan daerah yang mempunyai pemerintahan sendiri atau disebut Zelfbestuurlandschappen atau Daerah Swapraja, yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman. Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Kepulauan Riau (disingkat Kepri) adalah sebuah Provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah Utara; Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat di sebelah Timur; Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di Selatan; negara Singapura, Malaysia dan Provinsi Riau di sebelah Barat. Asal usul nama Kepulauan Riau berasal dari nama Riau. Riau diduga berasal kata “riuh” yang berarti ramai. Hal ini dikarenakan daerah Kepulauan Riau dahulunya merupakan pusat perdagangan dan keramaian. Lalu nama ini berkembang dengan digunakannya nama Riau pada nama Kesultanan Lingga. Pada masa kolonial, kata Riau dituliskan “Riouw”, sesuai dengan ejaan Bahasa Belanda . Serukan? Belajar sejarahnya!

Oh yeah, for your information…..

Antar Papua News memberikan ruang kepada kamu to recommend aka merekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa soal buku, podcast, video YouTube, Netflix, Iflix, Drakor, Anime, apa pun itu, dengan cara mengisi form. Nanti, rekomendasimu bakal kita post di Friday Pause APN. APN Friday Pause is FOR US! Let happy together, let’s do it!

  • Kamu kudu nonton drakor sikopat yang berjudul Mouse. Asliii, banyak scenes epic dan meneggangkan bingitssss,  yang suka insom, begadang dan gabut, coba nonton sambil marathon aja hehe, semakin malam semakin seru untuk ditonton! (Anonymous)
  • Kalau kalian butuh tempat nongkrong di Timika, sa saranin ko pergi ke kafe Lavasco di Jalan Budi Utomo berada di depan jalan berhadapan dengan jalan keluar samratulangi. Aslii, tempatnya vibes buat ko mau nongki, bagus untuk dapat foto bagus juga. (Anonymous)
  • Buat kamu yang baru datang di Timika, kamu harus coba makan pinang, pertama-tama itu ko rasa pusing wkwk. Banyak ko dapat di jalan situ atau d pasar juga, murah-murah harganya, orang bilang tra di Papua kalau tra makan pinang. (Anonymous)

Quote of the day:

Your time is limited, so don’t waste it living someone else’s life.”

Steve Jobs-


Closer With US

Buat kalian yang ingin memasang iklan di laman berita kami, Antar Papua News (APN), here kontak yang bisa dihubungi:

Contact person: Ismail B Mail: 08124017411

Jangan lupa untuk mengisi form untuk rekomendasi kalian (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form)

Silahkan hubungi Admin APN Pause :

Contact person: Prayoga: 081240568985


Tetap stay tune with us, let closer with us as a family!

Responses (3)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: