Optimisme Kontingen Tarung Derajat Papua - Antar Papua News -

Optimisme Kontingen Tarung Derajat Papua

Timika, APN – Tim cabang olah raga tarung derajat Provinsi Papua optimis mampu meraih lebih dari dua emas.

Atlet Tarung Derajat Papua saat melakukan sesi latihan di Jalan Busiri Rabu (29/9/2021).
Foto : Rahmat/HumasPPM

Optimisme tersebut juga didasari adanya atlet nasional yang pernah meraih emas dalam PON XIX 2016 lalu di Jawa Barat
Akdamina Susana Epa.

Manuel Maker Pelatih Atlet Tarung Derajat Papua kepada wartawan disela-sela latihan di Jalan Busiri pada Rabu (29/9/2021) mengatakan persiapan yang telah dilakukan menuju H-9 sebelum pertandingan mendatang.

“Kita sebenarnya dari cabor tarung derajat memiliki rutinitas jelang kompetisi, pengurus besar juga langsung mengunjungi kita hari ini (Rabu) untuk membekali kita dengan teknik dan taktik, jadi kesiapan kami sudah 95 persen,” ungkapnya.

Total ada 23 atlet yang akan bertanding namun baru 22 atlet yang tiba di Mimika. Sedangkan satu orang masih berada Jawa Barat dan akan tiba di Timika sebelum pertandingan.

“23 atlet akan ikut di 18 nomor yang diperlombakan. Dimana, 14 tarung bebas putra putri dan 4 nomor di tarung seni,” jelasnya.

Manuel menambahkan untuk latihan, atlet putra diberikan porsi tiga ronde dimana untuk satu ronde durasinya 3 menit. Sedangkan untuk putri 2 ronde tiga menit.

“Untuk latihan pertarung seperti ini kita rutin lakukan setiap hari pagi atau sore. Namun, ada juga latihan yang kita lakukan setiap hari seperti kelincahan, kecepatan, reaksi, koordinasi dan paling banyak di simulasi game,” tuturnya.

Khusus di Timika kata Manuel ada sedikit penyesuaian jam latihan yaitu pukul 6.30 WIT sampai pukul 09.00 untuk petarung dan pukul 09.00 WIT sampai pukul 11.00 seni gerak. Begitu juga di siang hari.

Walaupun latihan padat namun, pihaknya tetap memperhatikan kesehatan atlet dengan memberikan suplemen vitamin untuk memberikan stamina bagi atlet.

“Jadi, pada intinya kesiapan kita sudah mencapai 95 persen dan tinggal menunggu hari-H. Meskipun olah raga ini di sini terbilang cukup baru jadi kita tidak terlalu membebani atlet dalam perolehan medali tetapi kita optimis lebih dari dua emas. Makanya kita berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapai apa yang kita targetkan,” paparnya.

Dirinya berharap, tim tarung derajat Papua bisa memberikan yang terbaik untuk tanah Papua. (Aji)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: