OPD Diminta Rutin Lakukan Pelaporan Simonev

Kegiatan Pelatihan Simonev yang digelar di Hotel Cendrawasih 66, Senin (7/11/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika menggelar pelatihan penginputan realisasi fisik dan keuangan bagi Kasubbag Program dan Operator pada setiap OPD di lingkungan Pemkab Mimika.

Penginputan yang dimaksud adalah pelaporan atau pengisian data kegiatan juga program pada sistem informasi monitoring dan evaluasi (Simonev), Senin (7/11/2022) di Hotel Cendrawasih 66.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Maria Rettob yang membuka kegiatan menekankan kepada seluruh Kasubbag Program dan Operator perwakilan setiap OPD untuk mengikuti pelatihan dengan baik sebab penginputan program dan realisasi fisik serta keuangan selalu terlambat dan bermasalah.

“Penginputan realisasi kegiatan melalui Simonev ini selalu bermasalah dan terlambat, yang selalu disalahkan adalah Bappeda padahal itu merupakan kelalaian dari Kasubbag Program dan Operator pada setiap OPD,” ujar Maria.

Menurut Maria seharusnya pengimputan realisasi kegiatan pada setiap OPD selalu dilakukan rutin oleh kasubag program dan operator bukan menunggu perintah dari pimpinan.

“Itu adalah tugas kasubag program dan operator, jadi kalau bisa realisasi setiap kegiatan langsung diimput bukan tumpuk sampai banyak baru kerjakan, dan akhirnya kewalahan sehingga Bappeda disalahakan karena katanya diberikan waktu terlalu cepat, padahal itu bisa dilakukan tanpa harus menunggu ada perintah,” tegasnya.

Maria meminta para peserta memperhatikan soal penginputan secara rutin Ini perlu jadi perhatian sehingga semua kegiatan bisa diinput dalam simonev tepat waktu.

Sementara dalam laporan panitia kegiatan pelatihan penginputan realisasi fisik dan keuangan bagi Kasubbag Program dan Operator pada setiap OPD di lingkungan Pemkab Mimika bertujuan untuk meningkatkan SDM dari Kasubag Program dan Operator untuk memahami alur aplikasi Simonev dan tugas masing-masing pengguna operator juga admin, serta tata cara penginputan realisasi capaian kinerja OPD pada melalui aplikasi Simonev.

Penulis: AjiEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda