Obat DHP di Kabupaten Puncak Papua Menipis - Antar Papua News -
Tak Berkategori  

Obat DHP di Kabupaten Puncak Papua Menipis

Ilustrasi obat malaria

Timika, APN – Kekosongan obat malaria (DHP) di Indonesia turut berdampak kepada kondisi stok obat malaria di Kabupaten Puncak Papua yang mulai menipis.

Kepala Bidang Kefarmasaian dan Pengembangan SDK Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak Papua Hans Ibou mengatakan dengan menipisnya stok obat tersebut, pihaknya fokus melayani Distrik yang memiliki tingkat kasus malaria yang tinggi.

“Ada itu namanya Distrik Doufo, itu daerahnya panas makanya tingkat perkembangan Malarianya tinggi, sehingga kami fokus melayani daerah yang membutuhkan,” katanya saat di hubungi melalui pesan singkat, Sabtu (30/7/2022).

Hans melanjutkan saat ini secara nasional stok obat malaria sedang kosong, dan daerah pun tidak bisa mengadakan secara mandiri, seban DHP merupakan obat program dari Pemerintah Pusat.

“Kita (Kabupaten/Daerah) tidak punya wewenang untuk pengadaan itu, itu itu (obat DHP) didistribusi dari Kementerian ke Provinsi baru ke daerah,” ucapnya.

Kendati demikian, menurut Hans stok obat malaria sudab tiba di Provinsi, hanya menunggu pendistribusian ke Kabupaten.

“Kasus malaria di Puncak cukup tinggi, ada dua jenis, kasus lokal dan dari Mimika masuk ke Puncak Papua,” ucapnya.

Berdasarkan data dari Puskesmas kata Hans penyebaran malaria di Kabupaten Puncak memang didominasi oleh wilayah Doufo.

“Jadi kita ada delapan distrik, tujuhnya di daerah dingin jadi pertumbuhan malaria agak rendah, namun di distri Doufo yang berada di kepala air Membramo ini daerahnya panas, jadi kami fokus disana,” ucapnya.

Alternatif dalam mengatasi menipisnya obat tersebut Hans mengaku pihaknya menyediakan obat kina dan premaquin. (Aji)

Penulis: AjiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: