fbpx

Nurman Karpukaro Dinobatkan Sebagai Tokoh Gerakan Koperasi Mimika

Muhammad Nurman Sugianto Karpukaro

Timika, APN – Muhammad Nurman Sugianto Karpukaro dinobatkan sebagai tokoh gerakan koperasi Kabupaten Mimika oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.

Nurman yang juga Anggota DPRD Kabupaten Mimika mengatakan pemberian piagam penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Bidang Koperasi Mimika kepadanya sebagai ketua KSU Kamoro Abadi Kabupaten Mimika – Papua.

Nurman mendapat penghargaan dalam kategori Tokoh gerakan Koperasi atas jasa dan Darmabakti dalam memajukan perkoperasian dan usaha kecil menengah, selain piagam penghargaan juga diberikan ada SK dan Bintang Jasa.

“Dengan adanya pemberian penghargaan dari menteri koperasi dan usaha kecil menengah Republik Indonesia ini, Pertama kami memberikan apresiasi Kepada Bapak Manteri dan juga semua komponen yang sudah membantu kami khususnya Dinas Koperasi Provinsi Papua, Dinas Koperasi Kabupaten Mimika dan juga para pembina yang tidak tertinggal yaitu Bank Indonesia dan semua stakeholder sudah membantu kami dalam mewujudkan cita – cita mengembangkan Koperasi kami,” Ungkap Tokoh Gerak Koperasi, Muhammad Nurman Sugianto Karpukaro saat ditemui Wartawan di Gedung DPRD seusai menerima penghargaan tersebut.

Nurman menjelaskan KSU Kamoro Abadi adalah koperasi serba usaha yang terletak di Poumako yang sampai saat ini beranggotakan sebanyak 200 masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di wilayah pesisir Mimika juga Distrik Mimika Tengah.

Nurman menjelaskan, Koperasi ini berdiri sejak tahun 2013 dan mulai aktif sekitar 2015 dan kita mulai beroperasi dengan usaha perikanan dan sampai saat ini dengan adanya bantuan – bantuan dari beberapa Dinas terkait, khususnya Dinas Koperasi dan YPMAK dan juga dari Bank Bank Indonesia (BI).

Dikatakan Nurman, kemarin pihaknya sudah menambah satu unit usaha lagi, yaitu membuka kios serba usaha untuk menjual sembako yang bertempat di Paumako.

Kemudian ada usaha simpan pinjam yang berada di Timika, dan warung atau restoran untuk menampung dan mengelola usaha dari hasil masyarakat kita yang ada di Koperasi kamoro abadi sesuai hasil usaha mereka sebagai nelayan yaitu udang, ikan, kepiting dan lain sebagainya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada YPMAK yang kemarin telah membantu kami berupa modal usaha lewat kredit bank BRI, yang notebene itu adalah usaha pembinaan, jadi tidak memberikan secara cuma – cuma tetapi diberikan melaui bank agar kita sebagai peminjam bisa mengembalikan supaya bisa berkembang kepada saudara – saudara kita yang lain.

” Hari ini, saya menerima penghargaan, yang langsung diserahkan oleh Kabid Koperasi Kabupaten Mimika. Hal ini tentu satu kebanggaan bagi kami, karena di seluruh papua khususnya di tanah papua baru pertama kali di tahun 2021 kami dinobatkan sebagai tokoh gerakan koperasi dari tanah Papua,” Ungkap Ketua KSU Kamoro Abadi, juga sebagai Anggota DPRD Mimika, Muhammad Nurman Sugianto Karpukaro.

Ia berharap dengan adanya penghargaan ini, tentu kami di Mimika tidak hanya koperasi – koperasi yang diberikan bantuan kemudian macet, kita mau bagaimana koperasi – koperasi ini berkembang dan betul – betul serius dan pemerintah harus perhatikan secara pengelolaan, bukan selesai memberikan bantuan habis itu hilang.

“Pengharagaan ini merupakan tanggungjawab saya sebagai tokoh penggerak koperasi yang akan memberikan motivasi atau bimbingan – bimbingan supaya mereka bisa berkembang,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: