fbpx

Nu Care Lazisnu Mimika Telah Membuka Gerai Pelayanan Zakat

Petugas posko pelayanan zakat fitrah NU Care Lazisnu di Jalan Hassanudin, samping SPBU Mimika Papua, saat sedang melayani pewajib zakat. Senin (18/4/2022). (Foto: Wahyu/APN).

Timika, APN – NU Care Lazisnu (Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama) Kabupaten Mimika telah membuka posko pelayanan zakat sejak Senin (18/4/2022) hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Posko pelayanan zakat tersebut ada di tiga titik yakni di Jalan Yos sudarso depan Salon Erika, Jalan Ki. Hajar Dewantara, depan Warung Babat dan di Jalan Hassanudin, samping SPBU.

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika telah menetapkan besaran atau nominal zakat fitrah bulan Ramadhan 1443 Hijriyah. Baznas menetapkan nominal sebesar Rp.40.000 untuk zakat dan fidyah sebesar Rp.30.000.

Keputusan tersebut ditetapkan pada 16 Maret 2022 dengan Surat Keputusan Baznas Nomor 050/A-5/BASNAS/MIMIKA-III 2022. Selain pembayaran zakat, opsi berikutnya juga dapat dilakukan dengan membayar zakat dalam bentuk heras minimal 3 kilo gram.

Berbeda dengan tahun lalu, nominal fidyah tahun ini justru mengalami penurunan. Jika tahun lalu sebesar Rp.35.000, tahun ini diturunkan oleh Baznas menjadi Rp.30.000. Sedangkan untuk nominal zakat masih tetap sama, yaitu sebesar Rp.40.000.

“Untuk pembayaran zakat tahun ini kita menyesuaikan apa yang sudah ditetapkan oleh Baznas Kabupaten Mimika,” terang Ketua NU care Lazisnu Mimika, Rizal Chaniago kepada antarpapuanews.com, Senin (18/4/2022).

Rizal mengajak seluruh umat muslimin dan muslimat di Kabupaten Mimika umumnya, dan warga Nahdliyin khususnya agar dapat menunaikan kewajiban berzakat fitrah di bulan suci ramadhan 1443 hijriah melalui NU Care Lazisnu Kabupaten Mimika dengan mendatangi gerai-gerai yang tersebar di tiga titik didalam kota Timika.

Sementara itu, selain tiga gerai yang sudah disediakan, NU care Lazisnu Mimika juga telah melakukan koordinasi bersama sejumlah masjid dan mushola di Kabupaten Mimika dengan memandatkan sebagai unit pelayanan zakat fitrah dibawah kendali NU Care Lazisnu Mimika untuk mempernudah masyarakat maupun warga nahdliyin di Mimika dalam hal berzakat.

“Hari ini kita baru SK-kan 6 masjid dan mushola,” kata Rizal.

Hal ini rencananya masih terus dilaksanakan. NU Care Lazisnu akan terus berkoordinasi dengan sejumlah masjid dan memberikan SK kepada masjid-masjid yang menjadi target agenda safari ramadhan yang sebelumnya sudah didatangi PCNU Mimika bersama NU Care Lazisnu agar dapat bekerja sama dalam hal penyaluran zakat fitrah.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: