fbpx

Mimika Miliki Komoditi Ekspor Menarik Bagi Mancanegara

Kantor Karantina Pertanian Kelas I Kabupaten Mimika, Jl. Yos Sudarso Km.5, Rabu (30/9)

Timika, antarpapuanews.com – Mimika dinilai miliki komoditi ekspor yang menarik bagi mancanegara.
Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Kabupaten Mimika, Tasrif mengungkapkan berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh pihaknya terdapat beberapa komoditi di Mimika yang bernilai ekspor.


“Komiditi tersebut berupa Kopi, Kelapa Dalam, Pinang, Sagu itu di bidang perkebunan kemudian di kehutanan ada Gaharu dan Jenetri,” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor Karantina Mimika, Jl. Yos Sudarso, Rabu (30/9).


Ia menambahkan pihaknya sangat mendukung apabila adanya pengusaha dari Mimika yang ingin melakukan ekspor. Pihaknya akan membantu sebagai fasilitator dalam persiapan persyaratan dokumen ekspor negara tujuan.


“Kami berperan sebagai fasilitator, dengan memberikan dua sertifikat yakni Fitosanitari Certificate (FC) untuk jenis perkebunan dan pertanian, serta Health Certificate (HC) untuk jenis ekspor hewani seperti daging dan produk lainnya,” paparnya.


Lanjutnya, persyaratan ekspor ke negara tujuan sangat perlu diperhatikan. Sehingga tidak terjadi reekspor atau pengembalian barang dari negara yang dituju dikarenakan tidak memenuhi standar.


Dalam mendukung kemudahan, pihaknya juga sedang mempersiapkan kerjasama transportasi udara dengan salah satu maskapai yang ada di Indonesia.


“Saat ini kami sedang mempersiapkan kerjasama dengan salah satu maskapai di Indonesia terkait dengan kegiatan ekspor ke Jepang,” jelasnya. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: