Mimika Bakal “Banjir” Minyak Goreng – Antar Papua News -

Mimika Bakal “Banjir” Minyak Goreng

Kadisperindag Mimika, Petrus Pali Amba. (Foto: Aji/APN) 

Timika, APN – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika Petrus Pali Ambaa memastikan bahwa kedepan Mimika tidak lagi mengalami kelangkaan minyak goreng.

“Minyak goreng harga selalu berubah karena subsidinya dibatasi ke setiap daerah, namun kedepan dari Kementerian Perdagangan sudah menjamin bahwa khusus minyak goreng bersubsidi akan di drop ke setiap daerah sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya saat ditemui wartawan di Hotel Cendrawasih 66, Jumat (12/8/2022).

Petrus mengklaim dengan jaminan tersebut dipastikan tidak akan ada kelangkaan dan fluktuasi harga minyak goreng di Mimika.

“Informasi dari staff ada sudah minyak curah yang diangkut dari bawah (pelabuhan) sekitar 23 ton,” katanya.

Petrus melanjutkan selain minyak curah, ada pula penambahan sebanyak 3 kontainer juga program Mikita (Minyak Kita) yang sudah dalam bentuk kemasan (botol) dengan harga 14 ribu per liter.

“Khusus Mikita itu ada 11 kontainer, seharusnya sudah datang kemarin tetapi terkendala consignee (penerima barang) yang belum mau memesan, jadi dia menunggu itu,” ujarnya.

Petrus menjelaskan khusus Mikita prosesnya berdasarkan permintaan.

“Persyaratan untuk pemesanan Mikita ini didasarkan kepada permintaan, jadi bayar uang muka dulu sebelum berangkat dari pelabuhan,” ucapnya.

Terkait dengan para consignee atau pemesan kata Petrus juga telah dilibatkan dalam proses rapat virtual penggadaan minyak tersebut.

“Menurut data di Mimika itu butuh 350 ton (minyak goreng) perbulan termasuk untuk kabupaten tetangga,” paparnya.

Ditanya apakah jumlah pasokan ke Mimika sudah cukup per bulannya Petrus mengaku tidak bisa menjawab.

“Kalau dilihat dari perubahan harga artinya belum terpenuhi,” ucapnya.

Ia menambahkan untuk minyak goreng Mikita siapapun bisa mendistribusikan asalkan terdaftar sebagai pemesan.

“Siapa yang punya modal silahkan mendaftar ke Si Mirah, kemudian kalau kesulitan ke Diseprindag, nanti staff kami akan bantu,” tutupnya.

Penulis: AjiEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: