fbpx

Masyarakat Harus Dukung Normalisasi Sungai

ace.m.wikipedia.org
Ilustrasi. ace.m.wikipedia.org

Timika, APN – Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika Inosensius Yoga Pribadi meminta masyarakat untuk tidak menolak program normalisasi sungai.

“Jadi program normalisasi ini kita adakan setiap tahun, 2021 ini ada dua tempat normalisasi yaitu belakang SMA N I Mimika dan belakang rumah wakil Bupati Mimika, jadi warga tidak boleh menolak karena tujuan normalisasi itu baik untuk menyediakan alur sungai dengan kapasitas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang berlebih saat curah hujan tinggi,” katanya saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (6/12/2021) kemarin.

Ditanya soal genangan yang kerap terjadi di beberapa titik di Mimika akibat drainase yang tak berfungsi dengan baik Yoga mengatakan semua pihak harus terlibat dalam menangani hal tersebut, karena saat ini curah hujan cukup tinggi.

“Jangankan Timika, diluar saja seperti Jakarta juga tergenang karena La Nina dan curah hujan tinggi. Sebelumnya kan hujan lebat terus banyak terjadi banjir di Timika, dan itu banyak penyebabnya, seperti ada selokan-selokan yang tersumbat, kemudian Daerah Aliran Sungai (DAS) didalam kota tidak berfungsi dengan baik,” katanya.

Yoga menambahkan tidak berfungsinya drainase tidak hanya menjadi tanggungjawab pihaknya, tetapi juga masyarakat karena banyak sampah yang membuat selokan tersumbat.

“Pemerintah daerah sudah menyiapkan Tempat Pembuangan Sampah(TPS) tetapi orang masih juga buang di parit maupun sungai, dan begitu musim hujan begini ya pasti terima resiko,” tegasnya. (Aji)

Writer: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: