Masyarakat Diminta Menyemarkaan HUT ke-77 RI - Antar Papua News -
Berita  

Masyarakat Diminta Menyemarkaan HUT ke-77 RI

Warga Nawaripi saat membentangkan bendera merah putih sepanjang 200 meter di Kampung Nawaripi, Jumat (29/7/2022). (Foto: Istimewa)

Timika, APN – Masyarakat diminta ikut menyemarakan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun 2022 dengan memasang umbul-umbul juga bendera merah putih di rumah masing-masing.

“Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Nomor: 003.1/486/2022 tentang partisipasi masyarakat baik BUMN dan BUMD untuk menyemarkan HUT ke-77 RI,” kata Kepala Kesbangpol Mimika, Yan S Purba saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (1/8/2022).

Yan melanjutkan adapun tema nasional peringatan Kemerdekaan RI ke-77 yakni “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”

“Tema ini kan sesuai dengan pemulihan negara setelah pandemi,” ungkapnya.

Yan juga mengimbau kepada masyarakat agar terus menjaga keamanan dan ketertiban jelang peringatan hari kemerdekaan, terlebih usai adanya penetapan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

“Jadi semua unsur masyarakat harus menjaga kerukunan dan menjaga keharmonisan, termasuk paguyuban-paguyuban yang ada,” tutupnya.

Menjelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-7 tahun 2022, Bupati Mimika, Ultinus Omaleng menghimbau masyarakat Kabupaten Mimika kibarkan Bendera Merah-putih secara serentak mulai 1 Agustus 2022.

Berdasarkan Surat Edaran Nomor : 003.1/486/2022 tentang partisipasi menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

Hal-hal yang perlu dilakukan adalah mengibarkan bendera merah putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2022, memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya di lingkungan masing-masing sejak tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2022.

Sementara itu, Bupati juga mengimbau agar logo dan desain turunan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 dimasukan ke dalam berbagai bentuk media antara lain desain/tampilan website/media sosial, tayangan pada media televisi dan online, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/ alat transportasi umum dan dinas, produk/ souvenir, media pulikasi cetak dan elektronik, dan lain-lain sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

 

Menyelenggarakan program, kegiatan, baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan. Pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.17 s.d 10.20 WIB, selama 3 menit, menghentikan semua kegiatan.

Jajaran TNI dan Polri serta kantor-kantor instansi pemerintah maupun swasta agar mendengarkan sirine atau suara penanda lainnya sebelum lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Para kepala Distrik, Lurah dan Kepala Kampung se-Kabupaten Mimika agar mensosialisasikan surat edaran ini kepada seluruh warga.

Selanjutnya, ia juga mengimbau agar penyelenggaraan hal-hal dimaksud di atas dapat dilakukan dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan, pencegahan dan penanganan Covid-19 secara ketat sesuai kemampuan dan kondisi daerah masing-masing serta memperhatikan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

 

 

Penulis: Aji/WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: