fbpx

Masalah Lahan Masih Jadi Kendala Pengembangan Pelabuhan Poumako

KM. Sirimau bersandar di Pelabuhan Poumako.. Foto: Dok/APN

Timika, APN – Keabsahan lahan Pelabuhan Poumako masih menjadi hambatan rencana pengembangan yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan(KUPP) Kelas III Poumako Husni Anwar T mengatakan Kemenhub saat ini menunggu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk menghibahkan lahan Pelabuhan Poumako untuk pengembangan.

“Rencana dari Kementerian Perhubungan itu sudah punya wacana kedepan untuk pengembangan pelabuhan poumako. Jadi, andaikan status tanah itu sudah jelas atau sudah memberikan sertifikat, sehingga anggaran untuk pengembangan pelabuhan dari pemerintah pusat sudah bisa digelontorkan,” jelas Husni kepada APN melalui telepon, Senin (21/3/2022) malam.

Pelabuhan belum dapat dikembangkan karena masih terbentur status tanah tersebut yang menurutnya belum memliki sertifikat.

“Nah, kalau sampai sudah disertfikatkan oleh pemerintah dearah, maka sudah jelas untuk kita bisa bangun, artinya bahwa pemerintah daerah nanti akan menyerahkan atau menghibahkan ke kementerian perhubungan, baru kami bisa melakukan pengembangan atau melakukan pekerjaan terkait pengembangan Pelabuhan Poumako,” katanya.

Setelah diserahkan kata Husni rencananya akan dilakukan pengembangan berupa pembangunan baik sisi darat, laut, bahkan dilakukan perluasan.

“Anggaranya bersifat multiyears, artinya tahun ini sekian miliar, kemudian tahun berikutnya diturunkan lagi berapa miliar begitu. Dan memang sudah disiapkan anggaranya tetapi kita belum bisa memastikan berapa miliar dana itu sudah disiapkan oleh Kementerian Perhubungan,” ucapnya.poumakoap

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: