Loka POM Mimika dan Mahasiswa Sosialisasikan Obat dan Makanan pada Masyarakat – Antar Papua News -
Berita  

Loka POM Mimika dan Mahasiswa Sosialisasikan Obat dan Makanan pada Masyarakat

Agar Selektif Konsumsi Obat dan Makanan

Koordinator Informasi dan Komunikasi Loka Pom di Kabupaten Mimika, Irianti Panut, saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Balai Kampung Mawokau Jaya. (Foto: Istimewa)

Timika, APN – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Mimika bersama STIE Jambatan Bulan melakukan sosialisasi tentang obat dan makanan kepada masyarakat di Kampung Mawokau Jaya, Selasa (23/8/2022).

Sosialisasi yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari hasil kerja sama antara Kantor Loka POM di Kabupaten Mimika bersama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan dengan tujuan masyarakat lebih selektif dalam memilih dan mengkonsumsi obat dan makanan.

“Kenapa kita kasih tunjuk ke masyarakat? Karena supaya masyarakat tahu bahwa ternyata produk itu masih ada di sekeliling kita, supaya mereka lebih perhatian bahwa memang masih ada, jadi kita harus cari cara supaya mereka bisa tahu membedakan bahwa mana yang asli dan mana yang palsu,” terang Koordinator Informasi dan Komunikasi Loka POM Mimika, Irianti Panut saat dihubungi via telepon, Selasa (23/8/2022).

Sebelumnya, pihak Loka POM telah menyita dan memusnahkan sebanyak 183 item produk tanpa izin edar, hasil razia pada sejumlah titik di Kabupaten Mimika.

Selain itu, Loka POM di Kabupaten Mimika sendiri tidak hanya melakuka pengawasan terhadap produk-produk dalam kemasan. Irianti menjelaskan, mereka juga melakukan pengawasan terhadap pangan segar namun tentu melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Beberapa waktu lalu, Kepala Loka POM di Kabupaten Mimika, Lukas Dosonugroho mengimbau warga Mimika  yang menemukan produk-produk berbahaya tanpa izin edar yang disertai kemasan rusak, kadaluarsa untuk segera melapor ke Kantor Loka POM Mimika.

Ia juga menyarankan agar masyarakat dapat melakukan Cek Klik, cek klik yang dimaksud adalah cek kemasan, cek lebel, cek izin edar dan cek kadaluarsa. Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan secara mandiri dengan mengunduh aplikasi BPOM Mobile di Google Play store kemudian melakukan pengecekan melalui aplikasi BPOM Mobile.

Penulis: WahyuEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: