fbpx

Loh? Ada Ikan Cupang Labeti?

Timika, APN – Komunitas Pecinta Ikan Hias di Kabupaten Mimika, menggelar pameran ikan hias, jenis koi, cupang, lohan, dan Aqua Scape. Salah satu hal menarik dan unik dalam pameran ini adalah ikan cupang Labeti (Lahir Besar Timika).

Pameran ikan hias tersebut didukung oleh Dinas Perikanan Kabupaten Mimika dan diselenggarakan di jalan Budi Utomo Ujung mulai hari Jumat (26/3/2021) hingga Minggu (28/3/2021).

Ketua Komunitas Cupang Timika (KCT) Amos N Cahyono menjelaskan sebutan labeti diberikan karena ikan tersebut lahir (menetas) dan tumbuh di Mimika.

Ikan cupang labeti sendiri merupakan hasil budidaya peternak lokal. Bahkan Amos menyebut keistimewaan ikan tersebut adalah daya tahannya yang lebih kuat dibandingkan ikan sejenisnya yang berasal dari luar Mimika.

Hal tersebut, menurut Amos dibuktikan ikan cupang yang dihasilkan oleh peternak di Mimika lebih tahan terhadap kandungan Ph air di Mimika yang relatif tinggi.

“Kenapa ikan cupang labeti itu beda? Alasannya karena Ikan itu bisa hidup dengan Ph air disini (Timika) yang tinggi, selain itu juga cuacanya ekstrim,” paparnya.

Ia mengaku, tidak mudah untuk melakukan budidaya ikan cupang di Mimika, selain cuaca, serta Ph air, tingkat stres ikan juga tinggi dan sulitnya pakan untuk ikan ketika baru menetas.

“Dulu saya sering gagal, bahkan pernah mengalami satu kolam mati semua. Kembang biak paling crucial itu saat usai satu minggu sampai tiga bulan karena pakan itu di sini cukup sulit,” ujarnya.

Menurut Amos, semua jenis ikan cupang dapat dibudidayakan di Mimika. Adapun jenisnya yakni, Serit, Half Moon, Plakat.

“Awalnya semua indukan itu kita datangkan dari Jawa, kemudian baru dikembang biakkan di sini,” ungkapnya.

Amos juga menjelaskan ikan cupang Labeti Mimika, cukup digandrungi kalangan pecinta ikan hias di Papua. Ia mengaku beberapa peternak ikan sudah dapat mengirim bibit ke wilayah sekitar Mimika.

“Ada teman yang sudah bisa kirim ke Makassar, Nabire, Merauke, Manokwari, lumayan lah peminatnya,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Mimika Leentje AA Siwabessi mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi kepada panitia kegiatan dan Komunitas ikan hias yang ada di Kabupaten Mimika. Para pecinta ikan hias tersebut memiliki inisiatif yang sangat baik dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Perikanan untuk mempromosikan atau memasarkan jenis ikan hias maupun aqua scape.

“Ini suatu hal yang luar biasa yang dilakukan oleh komunitas anak-anak muda,” tuturnya.

Leentje mengungkapkan bahwa pihaknya berharap dengan adanya kegiatan yang luar biasa tersebut, bisa membuka peluang seluas-luasnya bagi pembudidaya ikan hias sekaligus mengembangkan sektor tersebut di Kabupaten Mimika. (Aji-Cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: