fbpx

Lingkungan Kurang Bersih Jadi Penyebab Malaria di Puskesmas Ayuka

Timika, antarpapuanews.com – Kasus malaria di Puskesmas Ayuka selalu meningkat setiap bulan, di bulan Juni-Juli peningkatannya 20-30 dan Agustus-Oktober kasus malaria meningkat sampai 48 perbulan.

“Penyebab kasus malaria yang selalu meningkat ini disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang bersih, itu yang penyebab pertama. Kedua yang menyebabkan kasus malaria meningkat ini juga karena masyarakat kurang menjaga diri, dalam hal ini artinya bahwa masyarakat sendiri sering keluar malam dan suka bagadang”, ujar Lucia Wamang, AMK, Kepala Puskesmas Ayuka, saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Jl. Yos Sudarso, Selasa (3/11).

Untuk mengantisipasi malaria, Puskesmas selalu memberikan penyuluhan-penyuluhan agar selalu membersihkan lingkungan dan juga genangan air yang ada di setiap kampung atau lingkungan.

Ia pun menyampaikan bahwa sudah sejauh ini kami melakukan mitra kerja dengan Pemerintah setempat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama untuk mengimbau kepada masyarakat agar selalu membersihkan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah atau lingkungan sekitar.

Untuk pencegahan kasus malaria ini, selain memberikan penyuluhan, mengimbau kepada masyarakat dengan mitra kerja, Puskesmas juga memberikan kelambu anti nyamuk malaria yang sudah didistribusikan dari Kabupaten sebanyak 25 ball, dan kelambu ini sudah dibagikan ke wilayah kerja Puskesmas yaitu kampung Amamapare dan kampung Ayuka.

“Data kasus malaria ini selalu kita pantau setiap bulan. Dan laporan untuk pembagian kelambu juga kami sudah lanjutkan ke Dinas”, tutupnya. (Aniz)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: