fbpx
Umum  

Legislator Harapkan Masyarakat Dukung Pembangunan Jalan Menuju Bandara Mozes Kilangin

Anggota Komisi C DPRD Mimika, Yulian Solossa. (Foto: Anis/APN)

Timika, APN –  Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Yulian Solossa berharap tokoh masyarakat, agama dan pemuda untuk mendukung pembangunan akses jalan dari Bundaran Petrosi menuju Bandara Mozes Kilangin.

Legislator asal PDIP ini mengatakan, saat ini Pemkab Mimika sedang menjemput sebagai ibukota Provinsi Papua Tengah. Sehingga membutuhkan pembangunan infrastruktur yang baik. Karenanya perlu didukung oleh semua pihak.

“Saya berharap masyarakat yang punya hak ulayat tanah ini punya jiwa besar untuk mendukung. Semua pihak, baik toko agama, masyarakat, pemuda juga perlu mendukung pembangunan jalan utama menuju bandara ini,” ungkap Anggota Komisi C DPRD Mimika Yulian Solossa Kepada Wartawan saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Jumat (20/5/2022).

Yulian mengatakan, pihak DPRD Mimika telah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mimika beberapa waktu lalu. Salah satu pembahasan kunker adalah kelanjutan pekerjaan akses jalan utama dari Bundaran Petrosea menuju Bandara Mozes Kilangin (baru).

“Anggaran untuk pengerjaan akses jalan ini, kita sudah tetapkan, ada Rp 2 Miliar untuk biaya perencanaan saja, tetapi belum termasuk biaya untuk penyelesaian hak ulayat dan pemindahan makam dan lain – lain,” ujarnya.

Yulian mengungkapkan, dari Kunker itu disepakati dalam waktu dekat Komisi C DPRD akan turun langsung ke lapangan untuk menemui pemilik hak ulayat dan pemilik lahan yang terkena dampak pembangunan.

“Sehingga, kami akan mendata dan mencari tahu berapa banyak masyarakat yang punya tanah ini. Dari hasil ini, baru kami akan membuat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas PUPR dan Pertanahan, terkait dengan penyelesaian hak ulayat ini. Tahapan ini, yang sementara kita bicarakan, apakah kita tetapkan di perubahan atau mungkin di APBD induk nanti di tahun depan,” ungkap Yulian.

Writer: AnisEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: