fbpx

Laga Pembuka Sea Games Vietnam, Timnas Indonesia Gagal Raih Hasil Positif

Hasil Indonesia (Foto: Twitter resmi PSSI Indonesia @PSSI)

Vietnam, APN – Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Usia 23 Tahun (U-23) gagal meraih hasil positif di laga perdana grup A cabang sepak bola putra Sea Games 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam. Pada laga perdana tersebut timnas U-23 bertemu dengan tuan rumah yakni timnas Vietnam U-23 di stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5/2022).

Pada pertandingan tersebut timnas Garuda diperkuat oleh beberapa pemain senior dan pemain muda yang beberapa waktu lalu berlaga di AFF seperti Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Rahmat Irianto juga Fachruddin Arianto yang menjadi Kapten sekaligus bek tengah, serta pemain naturalisasi Marc Klok.

Kendati diperkuat pemain yang cukup berpengalaman timnas masih harus menyerah dari tuan rumah dengan skor 3-0 melalui sepakan Linh Nguyen Tien, Dung Do Hung, Do Le Van yang seluruhnya terjadi pada babak kedua pertandingan.

Pertandingan sebenarnya berjalan dengan berimbang dan tempo yang tidak terlalu cepat, namun pemain Indonesia tampak belum menyesuaikan satu dengan lainnya, akibatnya sering terjadi salah umpan saat transisi dari bertahan ke menyerang.

Vietnam yang didukung oleh suporter setiannya mulai mengancam pada menit ke-20 melaui sepakan datar Nguyen Van Tung setelah melewati beberapa bek Indonesia, beruntung tembakan tersebut melebar tipis dari gawang Adi Satrio.

Aliran bola dari lini tengah yang tidak akurat dan mudah di baca lawan, membuat timnas kesulitan mengembangkan permainan. Hasilnya mereka pun sulit menembus pertahanan Vietnam yang disiplin baik saat menyerang maupun bertahan.

Pada babak kedua pelatih timnas Shin Tae-yong pun memasukan Syahrian Abimanyu agar lini tengah lebih hidup, namun justru tuan rumah yang berhasil unggul 1-0 setelah sontekan Linh Nguyen Tien membobol gawang Indonesia.

Dalam keadaan tertinggal Indonesia terus melancarkan serangan namun seluruhnya kandas di potong oleh pemain Vietnam yang bermain rapat. Pada menit ke-76 dengan umpan satu-dua, Dung Do Hung berhasil menambah keunggulan Vietnam menjadi 2-0.

Meskipun unggul, Vietnam terus melakukan serangan, hasilnya pada menit ke-87 Fachruddin Arianto gagal mengantisipasi bola yang akhirnya malah masuk ke dalam gawang sendiri membuat Vietnam menjauh 3-0, hingga akhir laga skor pun tidak berubah untuk keunggulan Vietnam.

Timnas akan kembali berlaga pada 10 Mei 2022 mendatang melawan Timor Leste. Kemenangan menjadi harga mati bagi anak asuhan Shin Tae-yong apabila ingin berlaga lebih jauh di Sea Games 2021 Vietnam.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: