fbpx
Umum  

KJK Sikka Gelar Camping Ceria Bersama PLK Wairbukan

Maumere, antarpapuanews.com – Komunitas Jalan Kaki Maumere atau yang biasa dikenal dengan nama KJK, menggelar kegiatan camping ceria bersama Siswa-siswi Pendidikan Layanan Khusus (PLK) Cerdas Anak Bangsa Wairbukan. Kegiatan camping ceria tersebut berlangsung selama dua hari yakni dari hari Sabtu (21/11) hingga Minggu (22/11), bertempat di dusun Wairbukan Desa Wairterang kecamatan Waigete Kabupaten Sikka.

Puluhan anggota KJK yang datang dari berbagai lintas profesi itu menyambangi Wairbukan pada hari Sabtu sekitar pukul 17.00 sore. Komunitas Jalan Kaki Sikka ini start dari Kota Maumere menuju Dusun Wodong, desa Wairterang Kecamatan Waigete dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Setelah itu, anggota komunitas ini bergerak menuju Wairbukan dengan berjalan kaki mengikuti jalan setapak dengan medan yang cukup ekstrim. Mendaki di bukit berbatu-batuan, menuruni lembah dengan tebing yang sangat terjal, serta menyeberangi beberapa anak sungai. Sebab kampung Wairbukan berada di dalam kawasan hutan lindung Egon Ili Medo. Setibanya di kampung Wairbukan anggota KJK diterima oleh Siswa-siswi PLK dan warga Wairbukan yang penuh ramah dan bersahaja.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan dengan warga setempat dan Siswa-siswi PLK Wairbukan yang dipandu oleh Remigius Nong.

Anggota Komunitas Jalan Kaki menggelar aneka kegiatan di antaranya melatih menyanyi lagu Indonesia Raya bagi Siswa-siswi oleh Mahasiswa Unipa. Siswa-siswa juga dilatih menggambar dan menulis nama-nama pulau di Indonesia. Hingga tepat pukul 24.00 dilanjutkan dengan kegiatan api unggun. Usai api unggun anggota KJK dan siswa siswi istirahat di tenda camp yang sudah disiapkan oleh crew KJK.

Kegiatan hari kedua pada Minggu (22/11) bangun pagi jam 6.00 langsung olahraga pagi dipandu oleh anggota Komunitas. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada PLK Wairbukan. Bantuan tersebut berupa alat-alat olahraga seperti bola kaki dan bola kasti serta pembagian masker kepada Siswa-siswa PLK tersebut.

Bernadus Brebo, tetuah adat Wairbukan pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Jalan Kaki Sikka yang telah mengunjungi Kampung Wairbukan dan melakukan kegiatan camping ceria bersama Anak-anak PKL Wairbukan. Kegiatan yang baik, penuh inspiratif dan edukasi serta sarat makna.

Lanjutnya bahwa kegiatan camping ceria ini baru pertama kali yang terjadi dan dilakukan oleh KJK Sikka.
“Saya atas nama warga Wairbukan sampaikan terima kasih atas kunjungan dan atas aneka kegiatan sosial ini bagi warga di kampung kami ini,” kata Brebo.

Om Kumiss Tattois anggota KJK kepada wartawan beliau mengatakan bahwa aksi camping ceria ini adalah bentuk kepedulian dari KJK terhadap Siswa-siswi PLK Wairbukan. Selain itu Remigius Nong saat di wawancarai oleh wartawan, dia juga mengatakan hal yang sama bahwa tujuan dari kegiatan camping ceria ini adalah mau memberikan edukasi serta kepedulian KJK kepada Adik-adik Wairbukan dalam hal pendidikan, jangan biarkan mereka yang terpencil kian terkucil ungkapnya. (Nkan)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: