fbpx

Ketua RT Kampung Mawokauw Jaya, Diimbau Selalu Laporkan Data Penduduk

Timika, APN – Kampung Mawokauw Jaya Distrik Wania, menggelar Kegiatan Musyawarah Kampung khusus Penetapan Hasil Pendataan SDGs yang berlangsung selama 2 (Dua) Minggu, terhitung dari tanggal 07 Juni-20 Juni 2021, di Kampung Mawokauw Jaya, Distrik Wania Kabupaten Mimika Tahun 2021.

Dalam keterangan pers yang diterima oleh antarpapuanews.com, Rabu (30/6/2021) Ketua Tim Pokja (SEKKAM), Kampung Mawokauw Jaya, Sitti Hadijah Dano Syaiffudin mengatakan suksesnya pendataan yang dilakukan merupakan hasil kerjasama dari semua pihak.

Rapat Musyarawah Kampung Khusus Mawokauw Jaya (Istimewa)

“PR kita bersama adalah penginputan data pada aplikasi atau sistem, beberapa hari belakangan sistem sedang gangguan, untuk sekarang sudah dapat diakses kembali, adalah PR tim bersama untuk melakukan penginputan, dan tetap menjaga semangat dan kekompakan hingga akhir kegiatan,” ujarnya dalam keterangan pers tersebut.

Adapun hasil pendataan survey Desa, Survey RT, Survey Keluarga dan Survey Individu, yakni Survey Desa=1, Survey Rumah Tangga=12 RT, Survey Keluarga=732 KK, Survey Individu=2.633 Jiwa.

Tujuan dilakukannya pendataan guna mendukung SDGs (Pembangunan Berkerlanjutan) sebagaimana diatur pada aturan Pemerintah yang tertuang dalam Permendesa 13/2020 setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu Desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat sejahtera, keterlibatan perempuan desa, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, dan seterusnya.

“Dengan adanya pembaharuan data terbaru tahun ini, diharapkan dapat mencapai 18 tujuan dari pendataan dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat kampung Mawokauw Jaya melalui program-program Pemerintah kedepannya,” katanya.

Sitti juga mengimbau agar seluruh ketua RT selalu melaporkan semua aktivitas perpindahan penduduk maupun jumlah penduduk.

“Pemutakhiran data ini, harapannya data bisa selalu diupdate/dilaporkan kepada pihak kampung, baik dari jumlah penduduk pindah, meninggal, penduduk baru. Sebagaimana koordinasi baik yang telah dilakukan oleh Ketua-ketua RT selama ini agar validasi data tetap terjaga, sehingga memudahkan pengarsipan kantor, juga kebutuhan data oleh Dinas-dinas terkait untuk mencapai 18 tujuan SDGs tersebut,” tutupnya. (Anis-Cr02)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: