fbpx

Ketua DPRD: Roling AKD DPRD Mimika Dilakukan di Bali

Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng, (Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Anton Bukaleng mengatakan, DPRD Mimika akan melakukan rolling atau pergantian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di Bali selama 5 hari.

“Rencana rolling AKD DPRD dilaksanakan minggu depan. Mulai berangkat hari Selasa selama 5 hari di Bali,” ujar Anton pada wartawan di Kantor DPRD Mimika, Jumat (20/5/2022).

Anton mengatakan, rolling AKD dilakukan karena masa jabatan sudah di tengah periode, atau 2,5 tahun. Rolling AKD untuk penyegaran anggota. Adapun unsur AKD yang akan anggotanya akan dilakukan rolling termasuk ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris meliputi, Komisi Komisi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan Dewan (BKD).

Sedangkan AKD seperti Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (Banggar) hanya anggotanya saja yang dirolling, sementara Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris melekat kepada unsur pimpinan DPRD.

Ketua DPRD juga menjelaskan, sesuai tata tertib dan aturan yang ada di lembaga legislatif rolling AKD ini dalam rangka penyegaran dan juga memastikan apakah perwakilan dari fraksi yang ada di AKD itu selama ini dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sudah sesuai atau masih perlu dievaluasi.

“Rolling ini juga bisa dikatakan penyegaran atau adanya suasana baru, untuk merubah kekurangan – kekurangan di DPRD selama ini, karena ini memang sudah jadi agenda dari lembaga dewan. Setiap anggota dewan yang ada di AKD bisa saja dirolling atau bisa juga dipertahankan, semua tergantung keputusan masing masing fraksi,” katanya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: