fbpx

Kesbangpol Gelar Koordinasi Forum-Forum Diskusi Politik Tahun 2020

Salah satu pengurus Partai saat melakukan pendaftaran keikutsertaan dalam kegiatan Forum Diskusi Politik, di Jalan Cendrawasih Sp 2, Mimika (foto: Fachruddin Aji/antarpapuanews.com)

Timika, antarpapuanews.com – Badan kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mimika mengundang berbagai pengurus partai serta forkopimda Kabupaten Mimika membahas optimalisasi peran partai politik menuju masyarakat Mimika yang aman, damai, dan sejahtera. Kegiatan tesebut dilaksanakan di Jalan Cendrawasih, SP 2. Senin (28/9).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob. Wabub dalam sambutan mengatakan rasa syukurnya terhadap kelancaran pemilihan kepala daerah, serta legislatif yang dilaksanakan di Kabupaten Mimika beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, partai politik memiliki beberapa fungsi utama dalam kehidupan bernegara selain sebagai sarana rekrutmen untuk mengisi jabatan politik juga berfungsi sebagai sarana sosialisasi politik, juga wadah aspirasi dan partisipasi rakyat.

“Parpol memiliki banyak fungsi dan yang paling terpenting adalah sebagai instrumen dalam menciptakan kesatuan dan persatuan bangsa,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya baik partai politik, Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah hingga ketua RT/RW juga organisasi kepemudaan dapat berkontribusi meningkatkan kesadaran politik masyarakat Kabupaten Mimika.

“Semua harus bekerjasama dalam meningkatkan kesadaran politik di Kabupaten Mimika ini. Sehingga semakin hari meningkat dan lebih baik,” tegasnya.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua panitia kegiatan Bakri Athoriq, mengungkapkan tujuan dari kegiatan yang digelar adalah membangun rasa pengertian, toleransi dan kerjasama antara partai politik di daerah untuk mewujudkan pemerintahan yang baik sesuai dengan demokrasi Pancasila.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Forum Diskusi Polittik Tahun 2020, dilaksanakan di tiga distrik yakni Mimika Baru, Mimika Timur dan Iwaka.

“Diskusi akan digelar juga pada tanggal 30/9 di Distrik Mimika Timur, kemudian tanggal 2/10 di di distrik Mimika Timur, dan Mimika Baru yang saat ini sedang berjalan,” jelasnya. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: