Berita  

Kelurahan Wonosari Jaya Sosialisasikan Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan

Lurah Wonosari Jaya, Muhammad Ikbal saat memberikan sambutan pada pembukaan sosialisasi Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan, di Kantor Kelurahan Wonosari Jaya. Jum'at (30/9/2022). (Foto: Wahyu/APN)
banner

Timika, APN – Pemerintah Kelurahan Wonosari Jaya melakukan sosialisasi Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan kepada masyarakat di Kantor Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika Papua. Jum’at (30/9/2022).

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya khususnya budaya adat lokal dari dua suku asli di Kabupaten Mimika, yakni Suku Amungme dan Suku Kamoro. Hal ini penting untuk menghadapi tantangan zaman dengan tetap melestarikan adat dan budaya lokal.

Sekretaris Distrik Wania, Amir Gredenggo, dalam sebutannya mewakili Kepala Distrik menyampaikan apresiasinya pada kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Kelurahan Wonosari Jaya tersebut.

Amir meminta kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti rangkaian pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut dengan baik sehingga dapat memetik nilai-nilai positif dari materi yang disampaikan pemateri.

“Sosialisasi Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah tanggungjawab kita bersama untuk mendukung program Kelurahan,” tutur Amir.

Sementara itu, Lurah Wonosari Jaya, Muhammad Ikbal kepada antarpapuanews.com mengatakan, kegiatan bertujuan untuk menekankan pentingnya budaya bagi anak-anak muda khususnya warga di wilayah Kelurahan Wonosari Jaya.

“Budaya merupakan bagian dari jati diri suatu bangsa, maka nilai-nilai pendidikan dan kebudayaan dianggap sangat penting untuk ditanamkan dalam benak semua kalangan di Kelurahan Wonosari Jaya,” ucapnya.

Ikbal menyampaikan pihaknya berencana membentuk sanggar-sanggar seni seepeti seni tari dan seni ukir sebagai wadah bagi bakat-bakat seni untuk melestarikan adat dan budaya lokal di kelurahan tersebut

“Kedepan kita akan bangun komunikasi dengan masyarakat untuk bagaimana bisa bentuk sanggar-sanggar seni dan budaya di Kelurahan Wonosari Jaya ini supaya kita bisa mewadahi, bukan cuman anak sekolah tapi semua masyarakat,” kata Ikbal.

Dari sanggar-sanggar tersebut, nantinya akan dimasukkan kedalam program-program Kelurahan Wonosari Jaya dalam melestarikan budaya dan adat lokal khususnya Amungme dan Kamoro sehingga dapat terus meregenerasi.

“Ini kan luar biasa, bisa mendatangkan pendapatan juga, budaya terlestarikan, tidak sampai terlupakan terus wadah juga untuk anak-anak, apalagi anak-anak ini terkait pendidikan ekstra kurikuler juga itu kan luar biasa juga,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan ini diikuti oleh seluruh ketua-ketua RT di Kelurahan Wonosari Jaya beserta beberapa tokoh masyarakat dan pemuda.

Pihak kelurahan dalam kegiatan sosialisasi Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menghadirkan Budayawan asal Suku Kamoro sebagai pemateri, yakni Thomas Mutaweyau.

Penulis: WahyuEditor: Aji

Tinggalkan Pesan Anda