fbpx

Kelurahan Dingo Narama Lakukan Pelatihan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan

Timika, antarpapuanews.com – Dengan anggaran dari APBN, Kelurahan Dingo Narama gelar kegiatan pelatihan pembinaan lembaga kemasyarakatan yang dananya melalui Dokumen Penjabaran Anggaran (DPA) Distrik.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan dan diselenggarakan langsung oleh Kelurahaan, yaitu pelatihan pembinaan lembaga kemasyarakatan Kelurahan pada Kelurahan Dingo Narama Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika,” jelas Oktovina NAA, S.IP selaku kepala Kelurahan Dingo Narama, saat ditemui wartawan di Hotel Samumambo Jl. Cendrawasih, Rabu (18/11).

Dalam kegiatan ini dilibatkan warga Dingo Narama, dalam hal ini dari Ketua-ketua RT, Tim Penggerak PKK Kelurahan, Kader, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan mutu masyarakat, terkhusus warga Dingo Narama. Dan materi dalam kegiatan ini yaitu yang berkaitan dengan identitas atau alamat, Kader PKK, Pemuda Karang Taruna,” Jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan atau mengembangkan sesuai dengan materi yang disampaikan atau dibawakan oleh narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK).

“Dari hasil pertemuan ini, kami telah menyepakati bersama Karang Taruna yang mungkin selama ini belum berjalan di Kelurahan Dingo Narama akan dikembangkan, karena maju mundurnya kita, ada di tulang punggung pemuda,” cetusnya.

“Untuk menertibkan lingkungan dan keluar masuknya warga, sekurang-kurangnya harus diketahui oleh Ketua RT di masing-masing wilayah kerjanya, dan kami dari pihak Kelurahan juga tidak mengeluarkan surat pengantar atau keterangan apapun, kalau tidak ada pengantar dari Ketua RT setempat, agar warga yang bersangkutan juga bisa mengetahui Ketua RTnya. Kemudian yang berkaitan dengan PKK, ini harus dikembangkan lagi, dan juga kegiatan dari Pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk pembagian kelambu massal untuk pencegahan penyakit malaria di wilayah Dingo Narama ini, tentu Ibu-ibu PKK Kelurahan juga terlibat dalam pembagian kelambu dengan proses pembagiannya door to door,” jelasnya.

Materi yang dijelaskan adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan. “Ada seperti RT/RW, Karang Taruna, dan PKK. Lembaga-lembaga ini sangat penting sekali untuk di Pemerintahan Kelurahan,” jelas Kaleb Otniel Pattipi, S.STP, selaku narasumber Kasie Dinas Pemberdayaan Kampung (DPMK). (Aniz)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: