fbpx
Umum  

Kelompok Tani Noken Mandiri Butuh Perhatian Pemda Mimika

Timika, APN – Petani binaan khusus SatGas Noken Polri Spot Pertanian yang berdiri pada tahun 2018, untuk mengembangkan pertanian itu diharapkan untuk terus berkembang bersama Pemerintah Daerah.

Ketua Kelompok Tani Noken Mandiri, Musa Wanmang juga sebagai Ketua RT O1 Kelurahan Wonosari Jaya mengajak masyarakat pribumi khususnya untuk bagaimana mau bercocok tanam yang baik. “Seperti perkembangan pertanian yang dulunya kita tanam tanaman tradisional dengan perkembangan yang sangat minim, tetapi sekarang kita diajak untuk menamam tanaman yang sesuai dengan perkembangan moderen, sehingga terjadi perubahan pola tanam tanaman yang lebih bagus sesuai perkembangan zaman alias memiliki nilai ekonomi atau pasaran yang juga lebih canggih lagi,” kata Musa Wanmang saat ditemui wartawan di lokasi perkebunannya di SP4 Kelurahan Wonosari Distrik Wania, Selasa (20/04).

Foto Bersama SatGas Binmas Noken Polri bersama Ketua Kelompok Tani Noken Mandiri dan Kepala Kelurahan Wonosari Jaya di Lokasi Kebun Kelompok Tani Noken Mandiri. (Foto: Anis_APN)

“Dengan keberadaan SatGas Binmas Noken Polri, kami bersyukur bahwa perubahan itu terjadi. Kami yang dulunya menamam tanaman yang biasa saja, tetapi sekarang kami sudah bersaing dengan para pendatang dengan kemampuan bertani yang bagus,” Ucap Musa lagi.

Dengan pembinaan SatGas Binmas Noken Polri ini, lanjut Musa, kelompoknya kini bisa bersaing dengan para petani pendatang dengan gaya bertani yang sesuai perkembang zaman.

Musa juga mensyukuri kehadiran SatGas Binmas Noken Polri yang bisa mengembangkan kelompok masyarakatnya dalam bertani, karena SatGas Binmas Noken Polri langsung ke lapangan untuk membimbing bagaimana caranya bercocok tanam, perawatan, pemberiana pupuk, penyemprotan dan sebagainya.

“Kelompok tani Noken Mandiri ini dengan jumlah 12 orang, dimana dari 12 orang ini adalah asli orang Amume. Aneka ragam tanaman yang mereka tanam seperti melon, semangka, cabe besar, pisang, terung, jagung, tomat, labu panjang, dan juga direncanakan akan ada col, sawi, cabe keriting,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Lurah Wonosari Jaya Distrik Wania, Amir Gredenggo juga mengakui bahwa untuk di Kelurahan Wonosari Jaya ini, kini ada 9 kelompok pertanian. Kelurahan Wonosari Jaya ini juga merupakan salahsatu sentra penghasil sayur dan buah.

Kakorbinmas Barhakam Polri Irjen. Pol.Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H, mengatakan,”Kami turut berbangga karena ada perubahan berkaitan dengan pertanian khususnya yang dilakukan SatGas Binmas Noken Polri bersama Pemerintah Daerah, TNI, bahkan masyarakat setempat karena semua ini adalah kebersamaan dan diharapakan dapat dikembangkan terus bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dan bersama masyarakat.(Anis-Cr02).

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: