Kejari Mimika Tunggu Tahap 1 Kasus Dugaan Korupsi BST di Distrik Mimika Barat  - Antar Papua News -

Kejari Mimika Tunggu Tahap 1 Kasus Dugaan Korupsi BST di Distrik Mimika Barat 

Kasipidsus Kejari Mimika, Donny S. Umbora. (Foto: Abi/APN) 

Timika, APN – Kejaksaan Negeri Mimika masih menunggu berkas tahap I dari penyidik Satreskrim Polres Mimika terkait kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial Tunai (BST) 7 kampung di Distrik Mimika Barat.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Mimika, Donny S. Umbora saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia mengungkapkan, penyidik telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP), berdasarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Khusus yang di dalamnya tercantum nama tersangka.

“Penyidik sudah kirim Sprindik khusus yang sudah ada nama tersangkanya. Cuma kami masih menunggu,” kata Donny, Rabu (3/8/2022).

Ia mengakui, belum mengetahui kendala sehingga berkas belum diserahkan ke pihaknya.

Diketahui, hasil interogasi awal penyidik kepolisian terhadap seorang oknum kepala distrik, terlihat adanya unsur penyalahgunaan dana BST 7 kampung di Mimika Barat.

Bahkan pengakuan dari oknum kepala distrik inisial ET melakukan pemotongan terhadap dana BST.

Diduga potensi kerugian negara ditemukan berkisar Rp 500 juta. Sedangkan dari pengakuan oknum Kadistrik, dana BST Rp140 juta digunakan membeli bahan makanan, biaya transportasi, membeli bahan bakar minyak (BBM) dan lain-lain.

Sehingga diduga masih ada dana tersisa yang kurang lebih Rp300 juta yang digunakan Ka Distrik untuk belanja pribadi yang masih ditelusuri aliran dana tersisa.

Penulis: AbiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: