fbpx

Kasus Pencurian Marak, Dewan Minta Pemerintah dan Warga Aktifkan Pos Peka

Salah satu Pos Peka di Kampung Nawaripi. (Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Masih maraknya kasus pencurian di Mimika mendapat perhatian dari anggota DPRD Mimika. Anggota Komisi A DPRD Mimika, Iwan Anwar meminta pemerintah melalui kelurahan dan kampung bersama dengan warga dan ketua-ketua RT harus mengaktifkan pos-pos Peduli Keamanan (Peka) di daerah masing-masing.

“Yang jelas pencurian masih saja ada, sehingga keamanan di setiap wilayah itu harus tetap dijaga, salah satunya mengaktifkan Pos Peka,” kata Iwan saat ditemui wartawan di tempat kerjanya, Selasa (24/5/2022).

Legislator asal Fraksi Golkar tersebut mengatakan, pencurian ini terjadi bukan karena ada niat dari pelakunya saja. Tapi juga para pencuri melihat adanya kesempatan. Hal itu bisa diminimalisir jika suatu daerah ada penjagaannya dan warganya selalu waspada.

“Masalah pencurian itu terjadi, mungkin karena ada beberapa, yang pertama karena faktor ekonomi dan kedua karena niat dan kesempatan,” ujarnya.

Iwan mengatakan, sebenarnya di beberapa daerah sudah pernah membangun Pos Peka, namun justru Pos Peka tidak dimanfaatkan baik. Bahkan pos-pos yang sudah pernah dibangun tidak aktif.

“Karena saya sering melihat belakangan ini pos-pos kamling itu sering tutup alias tidak ada orang-orang yang jaga di situ,” terangnya.

Iwan menjelaskan, masyarakat harus memiliki tanggung jawab bersama untuk mencegah kasus pencurian di daerahnya masing-masing.

“Tentu pemerintah dan masyarakat setempat harus arif untuk membenahi kembali pos-pos Peka, dengan menyiapkan makanan dan minuman ringan seperti kopi, teh, snack, atau bahkan wifi. Sehingga orang yang jaga jadi betah dan memantau keamanan di setiap lingkungan,” pungkasnya.

Writer: AnisEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: