fbpx

Kapus Timika: Vaksin Tak Mengandung Magnet

Timika, APN – Hebohnya masyarakat terkait dengan video bahwa koin bisa menempel pada lengan orang yang sudah di vaksin yang akhir-akhir ini viral di dunia maya, dibantah oleh Kepala Puskesmas Timika.

Kepala Puskesmas Timika, dr. Moses Untung mengatakan video serta informasi yang disebarkan dalam video tersebut adalah hoax dan tidak jelas kebenarannya.

Kepala Puskesmas Timika, dr. Moses Untung

“Vaksin itu tidak mengandung Magnet sehingga bisa membuat koin logam menjadi menempel, itu hoax yah, jangan kan di lengan, di jidat pun kalau ditempeli koin yah dia nempel,” ungkapnya saat ditemui Wartawan di Kantor Pusat pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (2/6/2021).

Moses berharap agar masyarakat selalu menjaring informasi yang didapat, atau didengar, serta jangan mudah menelan informasi hoax.

“Artinya masyarakat dengar berita begitu sebaiknya mengecek terlebih dahulu ke sumber yang terpercaya, atau menanyakan langsung ke fasilitas kesehatan dan petugas kesehatan jangan terpengaruh oleh informasi atau video yang kebenarannya belum bisa dipastikan,” tegasnya.

Ditanya terkait dengan vaksin, hingga saat ini khususnya di wilayah kerja Puskesmas Mimika masih belum ada laporan terkait Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Kami (Puskesmas Timika), bulan kemarin melakukan vaksinasi kerjasama dengan Rumkitban menggunakan merk AstraZeneca dengan sasaran 200 orang, sampai sekarang belum ada laporan KIPI, jadi bisa dibilang aman,” tutupnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: