Kapolres Mimika Pimpin Konfrensi Pers 3 Kasus Curanmor di Polsek Miru - Antar Papua News -

Kapolres Mimika Pimpin Konfrensi Pers 3 Kasus Curanmor di Polsek Miru

Kapolres Mimika saat memberikan secara simbolis barang bukti motor kepada pemiliknya, Sabtu (6/8/2022). (Foto: Abi/APN) 

Timika, APN – Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra didampingi Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahadian dan Kanit Reskrim, Ipda Yusran mengadakan konfrensi pers 3 kasus pidana di Polsek Mimika Baru, Sabtu (6/8/2022).

Pada kesempatan itu, Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahadian didampingi Kanit Reskrim, Ipda Yusran, mengungkapkan detail kasusnya.

Untuk tersangka inisial ASN dan TE melakukan aksinya pada September 2021 di Jalan Budi Utomo, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania.

Aksi kedua tersangka mencuri motor korban berinisial TS. Saat korban pulang dari kerja sekira pukul 17.00 WIT, memarkirkan kendaraan tanpa mencabut kunci di depan rumahnya.

Sekira pukul 23.00 WIT, korban sedang menonton mendengar bahwa SPM miliknya di stater atau dibunyikan.

“Kemudian korban bergegas membuka pintu rumah dan mendapati SPM miliknya sudah dibawa kabur oleh dua tersangka,” kata Kapolsek Mimika Baru, AKP Oscar Fajar Rahadian.

Tidak sampai di situ, korban berusaha mengejar namun tidak bisa mendapatkan SPMnya. Akibat kejadian tersebut korban rugi sekira Rp20 juta.

Kemudian untuk tersangka YPH dan MH ini melakukan aksinya pada November 2021 di depan Toko Senyum 5000, Jalan Budi Utomo.

“Menurut pemeriksaan dari pemilik motor korban FW, bahwa hilangnya motor itu saat dipakai adiknya inisial NW yang dalam keadaan mabuk dan tertidur di TKP,” ujar Kapolsek.

Sebelum membawa motor milik korban, kedua tersangka yang kebetulan berada di lokasi kejadian membeli rokok melihat adik korban dalam keadaan mabuk sedang tertidur.

“Kedua tersangka kemudian berusaha membangunkan adik korban dengan cara menggoyangkan badan namun adik korban tidak bergerak, sehingga kedua tersangka langsung membawa kabur motor milik korban,” ungkap Oscar.

Kesimpupannya, Kapolsek Mimika Baru mengatakan bahwa dari hasil keterangan keempat tersangka itu modusnya sama, yakni mencari uang dengan cara mencuri dan hasil curian itu dipakai untuk bersenang-senang dengan membeli minuman.

“Atas perbuatan keempat tersangka dikenakan pasal 363 Jo pasal 55-56 KUHP,” tegasnya

Terkait dengan hal ini Kepolisian Resor Mimika bersama jajarannya terus gencar memberantas pelaku tindak kejahatan pencurian sepeda motor.

Keempat orang ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Pada saat dilakukan penangkapan itu di waktu atau hari yang berbeda, yakni tersangka YPH dan MH itu ditangkap pada 4 Agustus 2022, sedangkan tersangka ASN dan TE ditangkap pada 5 Agustus 2022.

Diketahui juga, ke empat tersangka ini saat melakukan aksinya ditempat yang berbeda-beda tapi ditahun yang sama yakni tahun 2021 yang lalu.

Selain ke empat tersangka yang sudah diamankan, polisi juga berhasil mengamankan dua unit motor, diantaranya motor yang dicuri tersangka YPH dan MH jenis honda Beat Street tanpa nomor polisi dan motor yang dicuri tersangka ASN dan TE jenis Yamaha Mio Soul warna biru bernomor polisi DS 3994 MY.

Kemudian pada konferensi pers ketiga yakni pengungkapan kasus tindak pidana pencurian di dalam rumah, polisi berhasil mengamankan atau menangkap 2 tersangka, masing-masing berinisial YW (20) dan LW (26).

“Selain kedua tersangka, barang bukti hasil curian kedua tersangka berhasil diamankan berupa 1 unit laptop dan 2 unit televisi,” ungkapnya.

Kasus tersebut terjadi pada 5 Juli 2022, diperkirakan sekira pukul 04.00 WIT, di rumah kornan ML di Jalan Sektoral tepatnya belakang Gereja Tiga Raja Timika.

Keterlibatan dua tersangka tersebut masing-masing mempunyai peran yang berbeda yakni YW sebagai eksekutor dan RW sebagai penadah/penjual hasil barang curian.

Kedua tersangka selanjutnya kenakan pasal yang disangkanan sebagaimana diatur dalam pasal 363 Jo pasal 55-56 KUHP.

Penulis: AbiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: