Kapolres Mimika Imbau Masyarakat Bijak Bersosial Media

Caption: Kapolres Mimika saat memberikan sambutan dalam acara doa bersama FKUB Kabupaten Mimika bersama TNI/Polri dan Forkopimda Kabupaten Mimika, di Hall Room Hotel Cenderawasih 66. Kamis (29/9/2022). Foto: Wahyu/APN
banner

Timika, APN – Kepala Kepolisian Resort Mimika, AKBP I Gede Putera mengimbau kepada semua pihak agar bijak dalam bersosial media, terutama dalam mengakses dan membagikan informasi.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya saat mengahdiri acara doa bersama yang digelar Forum Inspirasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika di Hall Room Hotel Cenderawasih 66, Kamis (29/9/2022).

“Ada beberapa hal yang ini saya sampaikan yang mungkin menjadi perhatian kita juga, untuk menyikapi situasi yang sekarang ini, memang sekarang eranya era keterbukaan, ya semuanya bisa mengeluarkan statement, semuanya bisa mengeluarkan komentar, akan tetapi pada kesempatan ini saya mengajak bapak ibu sekalian marilah kita bijak dalam bermedia sosial,” kata I Gede dalam sambutannya.

Menurut I Gede, penyebab terbesar terjadinya konflik biasanya dipicu oleh kesalahan-kesalahan dalam bersosial media. Sehingga dari dunia maya akan berlanjut hingga berakhir perpecahan.

Ia pun meminta agar semua pihak dapat dengan bijak dalam menggunakan media sosial, terutama dalam mengakses serta membagikan informasi.

Ia juga mengimbau, sebelum membagikan informasi di media sosial terutama yang berkaitan dengan peristiwa agar dapat dikonfirmasi atau diteruskan terlebih dahulu kepada aparat penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian agar tidak memicu perhatian publik.

“Karena kemaren selepas kejadian yang pernah terjadi di sini banyak sekali berita-berita yang sifatnya memprovokasi ataupun membuat keresahan dan bahkan terkesan membuat situasi mencekam di Kabupaten Mimika,” katanya.

“Silahkan kalau mau share informasi untuk kebaikan semuanya silahkan, tapi besar harapan saya tidak usah terlalu saling memojokkan disitu,” sambungnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan selalu melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, ketua-ketua kerukunan dalam menyikapi setiap permasalahan yang ada di Kabupaten Mimika.

Tinggalkan Pesan Anda