Kanwil Kemenkumham Harmonisasi Rancangan Perda Kabupaten Mimika

Kepala Bagian Hukum Mimika, Jambia Wadan Sao. (Foto: Istimewa)
banner

Timika, APN – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Papua melaksanakan harmonisasi terhadap sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) non APBD Kabupaten Mimika untuk tahun 2022.

Tercatat, ada enam ranperda yang diharmonisasi. Diantaranya adalah tentang pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan air limbah domestik, penetapan tarif angkutan laut penumpang dan barang di Kabupaten Mimika, pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor, perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Mimika nomor 1 tahun 2014 tentang retribusi perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing, dan ranperda tentang retribusi pelayanan pusat kesehatan masyarakat dan jaringannya PSC 119 serta laboratorium kesehatan lingkungan.

Kepala Bagian Hukum Mimika, Jambia Wadan Sao mengatakan, dari keenam rancangan perda tersebut, terdapat satu ranperda yang diberi catatan ranperda tentang retribusi pelayanan kesehatan.

Ranperda ini menurutnya tidak perlu diproses lebih lanjut dengan alasan, undang-undang terbaru terkait dengan pengelolaan keuangan daerah nomor 2 tahun 2022 mengamanatkan, pajak dan retribusi dibuat dalam satu Perda saja.

“Kita dikasih waktu sampai dengan tahun 2024 untuk membuat rancangan Perda tentang pajak dan retribusi oleh karena itu dari kementerian memberikan catatan itu,” kata Jambia saat dikonfirmasi APN, Sabtu (1/10/2022).

Sementara itu, untuk lima ranperda lainnya kini masih dalam tahap harmonisasi. Beberapa pimpinan OPD terkait juga turut memberikan masukkan dengan rancangan yang ada, maka dalam kurun waktu beberapa hari kedepan akan dilakukan penyempurnaan sesuai pembahasan.

Nantinya, setelah disempurnakan barulah diajukan kepada pihak legislatif untuk ditindaklanjuti. Jambia juga menuturkan, di tahun 2021 lalu, terdapat empat ranperda yang sebelumnya juga telah diusulkan sehingga nantinya akan didorong bersamaan dengan lima ranperda baru tersebut.

Penulis: WahyuEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda