Kamu Cemas? Ini Tipsnya! - Antar Papua News -

Kamu Cemas? Ini Tipsnya!

Hi there!

Yeay, Akhirnya hari Jumat lagi! We know that Friday Pause telah menjadi artikel bacaan kesukaan kamu kan! So, silahkan nikmati artikel ini dengan nyaman dan santai. Selamat membaca!


Welcome back! Oh, yah, pernah nggak kamu merasa cemassss terus? Cemas adalah suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman, rasa takut, atau gelisah. Bentuk emosi ini wajar terjadi dan merupakan respons normal diri terhadap stres. Umumnya, perasaan cemas akan berlalu setelah kondisi yang memicunya hilang. Namun, tidak jarang, perasaan cemas bisa berlebih hingga membuat kamu sulit berkonsentrasi dan menjalankan aktivitas.

Melansir situs ReachOut.com, rasa cemas adalah hasil reaksi biologis tubuh ketika menghadapi stres atau tekanan. Sebagaimana ketika kita hendak melakukan wawancara kerja atau dikejar anjing, sistem saraf bekerja melepaskan adrenalin alias hormon yang mendorong energi, alias hormon yang sama ketika kita deg-degan bermain wahana ekstrem di tempat hiburan.

Sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa rasa cemas berlebih tidak hanya mengganggu kesehatan mental, tetapi juga fisik. Cemas sebenarnya tidak buruk, tapi efek yang ditimbulkan berdampak negatif bagi tubuh dan tak terkendali.

Nah, kalo udah kayak gini, kamu harus tahu, cara ngatasin kecemasan kamu itu butt, before, we go to the ways aka hal apa-apa aja yang harus dilakukan, kamu perlu tahu dulu gejala-gejala apa aja yang bikin kamu mengalami kondisi cemas, here we go:

  • Perasaan mudah marah, tersinggung, sedih, atau khawatir
  • Tidak dapat fokus dan tenang
  • Susah tidur
  • Ketakutan dan panic
  • Jantung berdebar-debar tanpa alasan jelas (bukan jatuh cinta ya, xixi)
  • Tangan dan kaki berkeringat dingin
  • Rasa kesemutan di tangan atau kaki
  • Otot-otot menegang  
  • Pusing dan mual
  • Mulut kering

Karena, kamu udah tau gejalanya, here’s what to do: 

  • Ciptakan atmosfer yang positif. Ketika gejala cemas mulai menyapa, coba untuk mengontrol pikiran dan perasaan kearah yang positif, jangan biarkan kecemasan menyelimutimu sepenuhnya, paksakan suasana yang nyaman, dan positif di your zone aka area kamu!
  • Jauhi “BUMBU” Kecemasan. Well, ketika kamu udah bisa untuk mengontrol pikiran dan perasaaan kamu, jangan lupa untuk make sure, you go away from everythings that make your feelings worst. Jauhi semua hal yang menambah kamu cemas, apapun itu! jauhi dari gejala kecemasan kamu! Kamu bisa pergi berjalan kaki, dengerin musik di luar, membaca buku, bercengkrama dengan orang baru, atau mendengarkan podcast yang seru.
  • Lawan “sign” kecemasan kamu. Tentunya kamu harus kenali signs aka tanda-tanda kamu mulai merasa cemas. Seperti, kamu mulai cemas ketika memikirkan tentang hal-hal yang tidak pasti, maka lawan pikiran itu dengan katakan “semua hal yang tidak pasti tidak bisa dikontrol dan saya hanya perlu siap dengan kemampuan saya, hasilnya adalah pelajaran buat saya” (contoh sugesti yang bisa dipakai). Hal ini kamu must do, untuk nge-prevent kecemasan kamu earlier aka lebih awal. Sehingga rasa cemas itu ga nyerang kamu. Ibaratnya itu, sebelum diserang, kita udah serang duluan. So, identifikasi “signs” kecemasan kamu dan lawan!

Oh yeah, for your information…..

Antar Papua News memberikan ruang kepada kamu to recommend aka merekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa soal buku, podcast, video YouTube, Netflix, Iflix, Drakor, Anime, apa pun itu, dengan cara mengisi form. Nanti, rekomendasimu bakal kita post di Friday Pause APN. APN Friday Pause is FOR US! Let’s happy together,let’s do it!

  • Buat kalian yang sedang banyak masalah idup, jangan pernah berhenti bersabar, yakin semua pasti ada jalan dan solusinya. (Anonymous)
  • Aku mau rekomendasi situs belajar bahasa inggris yang bagus banget yaitu Grammarly, selalu update dengan materi-materi yang related ama kehidupan sehari-hari.(Anonymous)

Quote of the day:

“Energy and persistence conquer all things.”

-Benjamin Franklin-


Closer With US

Buat kalian yang ingin memasang iklan di laman berita kami, Antar Papua News (APN), here kontak yang bisa dihubungi:

Contact person: Ismail B Mail: 08124017411

Jangan lupa untuk mengisi form untuk rekomendasi kalian (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form)

Silahkan hubungi Admin APN Pause :

Contact person: Aca: 081240568985

Tetap stay tune with us, let closer with us as a family!

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: