fbpx
Berita  

KAMGAS: Bersinergi Untuk Mimika Bersih

Suasana pemotongan tumpeng HUT ke-1 KAMGAS Mimika, Sabtu (30/4/2022).

Timika, APN – Komunitas anak muda, gerakan anti sampah (KAMGAS) Mimika, merayakan hari ulang tahun(HUT) yang pertama genap setahun sejak berdiri dari tahun lalu tepatnya tanggal 28 April 2021 dengan semboyan utama yaitu “katong gas sampe bersih, ko tra bersih,ko tra hebat”.

Dalam memperingati hari berdiri, perayaan HUT KAMGAS mengusung tema, “Bersinergi untuk Mimika bersih” yang diadakan di Pasar Central-Mimika pada, Sabtu (30/04/2022).

“Awal berdirinya komunitas ini timbul dari rasa prihatin dengan keadaan sampah di Mimika. Setelah itu gagasan berdiri mulai dengan 7 orang saja. Walau demikian kami harus mulai, seiring berjalannya waktu mulai ada dukungan dari Sekretaris Daerah Mimika Michael Gomar, Dinas Lingkungan Hidup, semua masyarakat yang cinta kebersihan yang berada di Mimika,” ujar Ketua KAMGAS Herman Morare saat memberikan sambutan.

HUT Komunitas anak muda, gerakan anti sampah (KAMGAS) Mimika dirayakan dengan pemotongan tumpeng bersama, diikuti dengan penyerahan bantuan berupa peralatan kebersihan sampah seperti
KAMGAS pun memberikan bantuan berupa 3 gerobak, 1 mesin babat, 10 sapuh lidi, 10 sepatu bot, 10 serok, 10 skop, kantong sampah(trashsbag) dan 65 tempat sampah, khusus tempat alat kebersihan diberikan keapada perwakilan pengelola pasar sentral Mimika, sementara tong sampah akan dibagikan kepada pedangang.

Selain itu Kamgas juga mengadakan beberapa lomba seperti daur ulang sampah bernilai ekonomis, serta Tiktok bertema tentang kebersihan.

“Kenapa dilaksanakan di Pasar Central karena di pasar akan jadi contoh, teladan dan juga karena tempat berkumpulnya banyak orang, tua-muda, kecil-besar semua bertemu di pasar sehingga besar harapan akan ada kesadaran moral soal kebersihan pada masyarakat mimika umumnya,” jelas Herman lebih lanjut.

Dalam perjalan komunitas anak muda ini, tidak terlepas dari tantangan dan hambatan, karena banyak sekali lika-liku yang dihadapi.

“Kadang salah paham (antar anggota), kadang masuk di lahan orang cari nafkah akhirnya dikejar, kena lempar, menjadi anggota KAMGAS memang ada resiko keselamatan yang dipertaruhkan tapi sampai saat ini semua masih aman,” katanya.

Herman menambahkan melalui dukungan berbagai pihak KAMGAS akhirnya dapat bertahan, sehingga ia berterima kasih kepada setiap pihak yang telah memberikan dukungan.

“Untuk program kedepannya akan ada sosialisasi di sekolah-sekolah dan tempat ibadat sekaligus pembagian tempat sampah agar lebih penyampaian soal sampah lebih sampai pada ranah dasar masyarakat,” tutur Herman lebih jauh.

Herman pun berharap dengan peringatan HUT satu tahun. KAMGAS makin kompak, makin tegar, semakin banyak anggota yang bergabung sehingga dapat menciptakan Mimika yang bersih.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: