fbpx
Berita  

Kadisnakeswan Mimika: Pemasok Sapi Hanya Boleh Ambil Empat Daerah di Papua

Kadisnakkeswan Mimika, drh Sabelina Fitriani (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Jelang Idul Adha pemasok hewan kurban seperti sapi di Kabupaten Mimika ditekankan hanya boleh mengambil hewan kurban dari empat daerah di Papua yakni Merauke, Keerom, Sorong dan Manokwari.

“Sudah ada pemasok di Mimika yang rencananya memasukan (hewan kurban) dari Merauke, kurang lebih ada 400 ekor sapi, perkiraan 20 Juni mendatang tiba di Mimika,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, drh. Sabelina Fitriani saat ditemui wartawan di Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Mimika, Kamis (9/6/2022).

Sabelina mengatakan, seluruh sapi yang akan tiba di Mimika terlebih dahulu akan dikarantina, meski dari Merauke sudah disertai pernyataan bebas dari penyakit.

“Jadi nanti tinggal muat di kapal, seharusnya bisa tiba lebih cepat, cuman karena cuaca akhirnya di atas tanggal 15 Juni baru bisa dimuat dan berangkat,” ungkapnya.

Sabelina juga menyebutkan jika di Mimika belum ada ternak yang terindikasi terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK,) hal tersebut dipastikan melalui pemeriksaan klinis yang dilakukan dibeberapa sentra peternakan seperti di sp5, 6, 13 dan 7.

Sabelina menambahkan masyarakat yang akan berkurban tidak perlu khawatir soal stok hewan kurban, bahkan peternak lokal pun juga tersedia.

“Di lokal mungkin ada 50 ekor, jadi mereka (peternak lokal) kuat nya memang segitu karena sebagian ada betina, kalau betina kan tidak boleh di potong, jadi hanya jantan yang cukup umur,” jelasnya.

Writer: AjiEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: