fbpx

Kadinkes Mimika: Bidan Punya Peran Penting Tingkatkan Derajat Kesehatan Ibu dan Anak

Ilustrasi

Timika, APN – Bidan dinilai memiliki peranan penting dalam meningkat derajat kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Mimika.

“Kalau berbicara terkait dengan derajat hidup ibu dan anak menggunakan pendekatan siklus hidup manusia, maka itu perannya bidan mulai dari ibu hamil hingga melahirkan, dan anak usia dini,” ungkapnya saat ditemui usai membuka kegiatan Midwifery Update, di Jalan Yos Sudarso, Rabu (23/2/2022).

Rey melanjutkan peran bidan dimulai sejak kelahiran seseorang, bahkan saat bayi, balita hingga kembali hamil.

“Itu siklus hidup ini hampir sebagian besar diintervensi oleh bidan. Ketika seseorang mulai lahir itu bidan yang menolong bersama dokter tapi bidan melakukan pemberian imunisasi Hg 0, kemudian pada saat mulai terjadi kehamilan, 1000 hari pertama kehidupan itu dikawal oleh bidan,” paparnya.

Bidan menurut Rey memegang peran penting dalam menciptakan generasi emas di masa mendatang.

“Bidan pada akhirnya harus melaksanakan fungsi bagaimana menjadi seorang tenaga gizi, mengdukasi supaya gizi dari seorang ibu itu supaya ada gizi seimbang. Daerah-daerah terpencil yang wajib kesana itu bidan, karena ada program bidan desa, bidan kampung,” ucapnya.

Rey menambahkan kegiatan midwifery update sangatlah penting dilaksanakan untuk memberikan tambahan ilmu pengetahuan baru kepada para bidan yang menjadi peserta.

“Midwifery update yang angkatan 4 ini dilaksanakan oleh organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Mimika ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi melalui jalur pendidikan informal supaya bisa terus mendapatkan ilmu-ilmu baru,” ujarnya.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang menjadi tantangan secara nasional kata Rey jika dilihat dari fungsi dan peran, serta kondisi geografis.

“Kita melihat dari rasionalisasi berapa jumlah bidan terhadap penduduk maka disitulah akan menjadi ketimpangan, kalau rasio secara nasional 1 bidan itu diantara 125 penduduk, itu berbicara terhadap penduduk tapi bagaimana kalau dia berada di daerah terpencil, dimana minimal ada satu bidan desa di setiap kampung maka dia akan melakukan semua fungsi, itu lah sebabnya bidan itu memegang peran penting dalam menciptakan generasi emas kedepan,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: