Berita  

Kabupaten Paniai Canangkan BIAN 2022

Pj. BIAN Kabupaten Paniai Yohanes Kayame, SKM, M.Kes saat memegang anak-anak yang diberi imunisasi disaksikan Sekretaris Dinas Kesehatan Maria Nawipa, SKM (kanan) dan Asisten II Pemda Paniai Soleman Boma, SH (berdiri belakang) di Sekolah TK/PAUD/SD Yegeka Ugibuntu, Paniai, Selasa (24/5/2022). (Foto: Istimewa)

Paniai, APN – Kabupaten Paniai melalui kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Pengajaran melakukan pencanangan atau kick off Bulan Imunisasi Anak Nasiona (BIAN) 2022. Kick off  BIAN diselenggarakan di Sekolah TK/PAUD/SD Yegeka Ugibuntu, Paniai, Selasa (24/5/2022). Demikian pers rilis yang diterima redaksi APN, Kamis (26/5/2022).

Pada kesempatan itu, Bupati Paniai yang diwakili Asisten II Pemda Paniai Soleman Boma, SH membuka langsung kegiatan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Nurhaidah, SE dan Sekretaris Dinas Kesehatan Maria Nawipa, SKM.

Secara singkat, Soleman Boma mengatakan, Bupati Paniai siap mendukung kesuksesan pelaksanaan BIAN 2022 di Kabupaten Paniai.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan kegiatan pemberian imunisasi untuk anak-anak murid SD Yegeka Ugibuntu.

Usai kegiatan, Pj. BIAN Kabupaten Paniai Yohanes Kayame, SKM, M.Kes menjelaskan bahwa pelaksanaan BIAN di Kabupaten Paniai adalah dengan memberikan imunisasi Campak-Rubella bagi usia anak diatas 9 bulan – dibawah 12 tahun. BIAN tahun ini juga sekaligus melengkapi imunisasi Polio, DPT-HB-Hib bagi anak usia dibawah 5 tahun.

“Dalam 2 tahun terakhir dimana terjadi penurunan cakupan imunisasi di Indonesia, oleh karena itu melalui Program BIAN diharapkan seluruh anak usia 9 bulan-dibawah 12 tahun bisa mendapat suntikan imunisasi Campak-Rubella,” ujarnya.

Yohanes mengatakan, dengan memberikan imunisasi anak-anak maka dapat menghindarkan mereka dari Penyakit-penyakit berat yang ternyata dapat dicegah dengan imunisasi. Sehingga diharapkan semua anak segwra mendapatkan baik imunisasi dasar rutin maupun lanjutan.

Yohanes menambahkan, untuk mensukeskan BIAN di Paniai, Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran. Karena cakupan terbesar BIAN ada pada anak usia sekolah TK-PAUD-SD.

“Dinas Pendidikan telah bersurat ke sekolah-sekolah agar dapat menerima tenaga-tenaga kesehatan yang memberikan imunisasi Campak-Rubella pada anak-anak sekolah,” jelasnya.

Yohanes berharap, seluruh masyarakat di Kabupaten Paniai bisa mendukung pelaksanaan BIAN ini sehingga kegiatan nasional ini bisa sukses di Paniai demi Generasi masa depan Paniai yang sehat dan unggul.

Penulis: SaniEditor: Aji
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: